Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

Manfaatkan English Competency, Unitomo Dorong Lulusan Jadi Pelaku Industri Kreatif

Suasana webinar Series #2 My English-My Money.

Surabaya, memorandum.co.id – Program Studi Sastra Inggris Universitas Dr Soetomo (Unitomo) kembali menggelar event berkolaborasi Webinar Series #2 My English-My Money via Zoom yang dihadiri oleh 124 partisipan, Sabtu (28/8/2021).

Webinar bertajuk “How to Get Your Money Back in Photography and More” ini, dinarasumberi oleh Ady Kurniawan, alumni prodi sastra Inggris Unitomo yang berprofesi sebagai Produser Fotografi Komersial.


Dalam laporannya, Ketua Promosi Fakultas Sastra Unitomo, Cahyaningsih Pujimahanani menyampaikan, dalam Webinar Series #2 kali ini prodi Sastra Inggris ingin membuktikan bahwa dengan penguasaan berbahasa inggris yang baik dapat menunjang dan meningkatkan kemampuan dalam karir apapun.

“Pada webinar ini, Mas Ady akan membeberkan bagaimana english competency adalah sangat penting dalam menunjang kariernya sebagai seorang produser comercial photography yang sudah mendunia. Tentu saja ditunjang beberapa kemampuan lain seperti communication dan networking,” jelas Cahya.

Senada dengan Cahyaningsih, Dekan Fakultas Sastra Unitomo Cicilia Tantri Suryawati dalam sambutan pembuka webinar ini, pihaknya menyambut baik event tersebut sebagai pengayaan pengetahuan dan motivasi positif. Terutama bagi peserta siswa SMA dan mahasiswa adik kelas agar lebih termotivasi dalam belajar sastra Inggris.

“Apresiasi yang setinggi–tingginya buat teman-teman prodi sastra Inggris yang telah berhasil menggelar acara ini. Saya harap dengan webinar ini dapat membuka wawasan peserta bahwa lulusan Sastra Inggris Unitomo siap menjadi pelaku industri kreatif pada bidang apapun sesuai dengan passion-nya,” kata Tantri.

baca juga :  Unitomo Dorong Percepatan Jabatan Fungsional Akademik

Terkait dengan kurikulum merdeka belajar, Tantri mengungkapkan bahwa Fakultas Sastra Unitomo khususnya Prodi Sastra Inggris siap berkolaborasi dengan para alumni yang mempunyai skill hebat untuk menyusun kurikulum merdeka belajar.

“Setelah webinar lalu tentang digital marketing, saat ini Prodi Sastra Inggris menyuguhkan materi di bidang lain yaitu, dunia bisnis photography. Semoga nantinya seluruh mahasiswa sastra Inggris siap ditempa bersama para alumni oleh Prodi Sastra Inggris melalui beragam mata kuliah dalam kurikulum merdeka belajar,” tambah Tantri.

Sementara itu dalam webinar yang dimoderatori Kusuma ini, Ady Kurniawan banyak memberikan sharing materi dan berbagi tips serta motivasi dalam membina karier sebagai seorang Produser Photography Komersial.

baca juga :  Warek IV Unitomo Minta Saring Sebelum Sharing

“Dunia photography saya alami dengan tidak sengaja. Kebetulan saya hoby photography dan saat itu saya bekerja sebagai resepsionis hotel. Secara kebetulan ada teman yamg meminta tolong difoto dan ternyata hasilnya setelah diedit sangat memuaskan dan layak untuk dijual,” ujar Ady mengawali.

Menurutnya semenjak itu dia tertarik untuk menawarkan fotonya kepada pihak lain. Momentum itu yang menyadarkannya bahwa ternyata ada sesuatu yang bisa dijual dan memungkinkan untuk menghasilkan uang.

“Skill apapun bila kita lakukan dengan benar dan tentunya jangan lupa berdoa maka pasti akan ada jalan kesuksesan yang ditunjukan Tuhan,” ulasnya.

Awalnya, Ady bekerja sebagai marketing/ account officer di beberapa perusahaan photography komersial ternama di Jakarta. Dia banyak belajar dari mereka terutama tentang kiat menghasilkan foto yang baik dan memuaskan klien.

“Masing-masing dari mereka mempunyai style sendiri. Dan saya banyak belajar bahwa menjadi photographer tidak sekedar memotret dan klien suka, tapi memotret adalah bicara tentang performing your self in the audience and then how to convince client serta belajar untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait pekerjaan secara detail. Jadi mau tidak mau harus disiplin,” paparnya.

baca juga :  Unitomo Sambut Mahasiswa Baru, Rektor: Manfaatkan Ilmu dengan Semangat dan Kesungguhan Hati

Saat ini, Ady bekerja sebagai produser photography. Dalam tugasnya, Ady harus memfasilitasi dan menjamin kelancaran photographer untuk melakukan photo shoot atau biasa disebut project manager.

“Sebagai project manager yang harus bekerja sama dengan agency, saya harus melakukan prepare semuanya termasuk harga, lokasi, model photo dan tempat,” ungkap Ady.

Dalam paparan selanjutnya, Ady lalu memperlihatkan beberapa portofolio hasil kerja timnya yang telah mendunia serta menjelaskan tentang tips-tips membuat presentasi yang meyakinkan klien. Bahkan tips secara umum menjual produk/ jasa yang memuaskan konsumen dia beberkan.

“Apa yang saya paparkan sejatinya bisa kita lakukan. Yang penting jangan pernah berhenti belajar, dan selalu menciptakan peluang positif dalam pekerjaan,” tuntasnya.

Selanjutnya, dengan dipandu oleh Kusuma, webinar ini diakhiri dengan presentasi dan tanya jawab oleh Bagus Hariyono, salah satu dosen tetap Program Studi Sastra Inggris yang juga alumni Fakultas Sastra Unitomo. (mg3)

Reporter : Alif Bintang

baca juga

Wisuda Unitomo Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Aziz Manna Memorandum

Warek IV Unitomo Minta Saring Sebelum Sharing

Agus Supriyadi

Unitomo Sambut Mahasiswa Baru, Rektor: Manfaatkan Ilmu dengan Semangat dan Kesungguhan Hati

Ferry Ardi Setiawan