Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Mojokerto

Masa Tenang, Bawaslu Bersihkan APK Paslon

Anggota Bawaslu menurunkan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon.

Mojokerto, memorandum.co.id – Memasuki masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto terus membersihkan alat peraga kampanye (APK) ketiga pasangan calon (paslon). Tim Bawaslu menyisir di seluruh titik pemasangan APK di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto Aris Fahrudin mengatakan, sesuai ketentuan jika memasuki masa tenang sudah  boleh lagi ada kampanye atau promosi dari ketiga paslon. “Sesuai aturan jika habis masa kampanye sudah tidak ada lagi atribut atau alat peraga kampanye paslon,” tegas Aris, Senin (7/12/2020).


Lebih lanjut dikatakannya, tim Bawaslu melakukan pembersihan melibatkan pengawas kecamatan yang akan memantau APK hingga sudut-sudut pedesaan. Pihak Bawaslu sendiri sudah mengimbau kepada tim pemenangan paslon untuk melepas sendiri APK miliknya. Namun karena tidak dihiraukan maka petugas dari tim Bawaslu yang turun  langsung melakukan pembersihan.

baca juga :  Jelang Pilkada, Kapolres Malang Ajak Wujudkan Situasi Aman dan Damai

Selain membersihkan APK, Bawaslu juga mengawasi ke seluruh pelosok untuk mengantisipasi terjadinya money politic yang rawan terjadi menjelang hari pencoblosan.

“Menjelang hari H kita waspadai serangan fajar. Untuk itu kita mengingatkan bahwa baik pemberi maupun penerima uang untuk mengarahkan ke paslon tertentu akan terkena pidana penjara,” terangnya.

Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk memgawasi dan melaporlan jika terjadi pelanggaran pemilu terutama money politic. Kantor Bawaslu di Jalan Raya Bangsal 63, Kecamatan Bangsal, siap menerima laporan 24 jam. “Laporan akan ditindaklanjuti oleh Gakumdu berdasarkan bukti yang ada,” pungkasnya. (war/fer)

baca juga :  Dua Puluh Enam Stiker Paslon di Angkot Dicopot
Reporter : Biro Mojokerto

baca juga

Sungai Lamong Meluap, Dua Desa Terendam

Aris Setyoadji

Punggawa LSM Pusaka Datangi Bawaslu Kota Pasuruan

Syaifuddin

Masuki Masa Tenang, Bawaslu Kabupaten Kediri Tertibkan 6.315 APK

Ferry Ardi Setiawan