Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
HUT SKH Memorandum

Media Harus Ikut Berperan Membentuk Karakter Bangsa

Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung

Selamat ulang tahun ke-50 Surat Kabar Harian (SKH) Memorandum. Jadilah pers yang terus dan ikut berperan membentuk dan membangun karakter bangsa. Kata-kata ini menjadi awal pesan Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung untuk SKH Memorandum.

Sebagai salah satu pilar negara, pers memang menempati urutan keempat. Tetapi peranan penting yang diemban mejadikan media sebagai perantara antara program-program pemerintah dengan dinamika di kehidupan sehari-hari. Kendati lebih dikenal sebagai koran berita kriminal dan hukum, namun SKH Memorandum juga kerap menyajikan berita-berita aktual tentang dunia olahraga.


“Memang Memorandum dikenal koran berita kriminal dan hukum sejak dulu. Tetapi sekarang sudah lebih soft. Tapi yang hilang, kini tidak ada lagi berita olahraga yang mendalam. Penyajian dari sisi hukum tentang dunia olahraga tentu akan menarik bagi insan-insan olahraga di Jatim,” terang Erlangga Satriagung.

baca juga :  Suka dengan Tulisan Dahlan Iskan

Sebab, tambah mantan ketua POSSI Jatim ini, penyajian dengan kisi-kisi hukum bisa mengantisipasi pemberitaan hoax. Selain itu lebih berimbang dan tidak terjebak pada satu sisi saja kendati olahraga identik dengan sportivitas. “Dibanding berita kategori lain, pemberitaan hoax di olahraga memang jarang. Namun itu bisa saja terjadi, terutama jika menyangkut polemik dalam cabang olahraga,” sebutnya.

Karena itu, kendati ongkos industri cukup tinggi yang membuat produksi media cetak harus mengorbankan satu desk seperti olahraga, bukan berarti harus ditinggalkan. Bagaimana pun juga, sinergi antara KONI Jatim dengan SKH Memorandum sudah terjalin lama.

Erlangga Satriagung berharap, SKH Memorandum ke depan tetap menjaga independensi dalam pemberitaan. “Termasuk sajian dengan berita-berita up to date sesuai dengan spirit Bekerja dan Membela Tanah Air. Dunia olahraga juga butuh pemberitaan berimbang untuk informasi juga edukasi,” katanya.

Yang berbeda, proses wajar untuk menjawab tuntutan zaman tambah Erlangga, berita-berita kriminal yang disajikan sekarang tidak lagi berdarah-darah. “Hal ini yang menjadi bukti ada itikad dari dalam untuk berubah menyesuaikan diri. Bagaimana pun juga, Memorandum punya peran untuk ikut membangun karakter bangsa,” tutup dia.(epe/asw/gus)

baca juga

Wajahnya Semakin Keren

Agus Supriyadi

Wagub Emil Dardak Potong Tumpeng, Sahat Sanjung Kinerja Awak Memorandum

Aziz Manna Memorandum

Ulang Tahun Emas Jadi Ajang Evaluasi

Agus Supriyadi