Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Advertorial

Membandingkan Redmi Note 10 dengan Realme 8

Jakarta, memorandum.co.id – Seri Redmi Note adalah ponsel dari Xiaomi yang menyasar ke kelas menengah. Meski demikian, ponsel ini hadir dengan segudang fitur dan spesifikasi yang melebihi ponsel lain di kelasnya. Sebut saja Redmi Note 10 yang baru-baru ini resmi dirilis di Indonesia, ponsel ini digadang-gadang hadir dengan spesifikasi yang lebih baik dari ponsel di kelasnya.

Agar dapat membuktikan klaim tersebut, di sini akan membandingkan spesifikasi Redmi Note 10 dengan Realme 8. Sebagai informasi, Realme merupakan ponsel yang masuk ke segmen kelas menengah yang baru-baru ini juga meluncur ke Indonesia.

Layar

Redmi Note 10 adalah seri Redmi Note pertama yang menggunakan layar berbasis teknologi Super AMOLED. Berbeda dengan panel konvensional, Super AMOLED tidak menggunakan penerangan tambahan untuk filter layar sehingga menampilkan warna. Artinya, setiap piksel Super AMOLED dapat mengeluarkan cahaya sendiri.

Karena tidak menggunakan panel tambahan sebagai penerangan, maka Super AMOLED memiliki desain yang lebih tipis ketimbang teknologi layar lainnya. Profil yang tipis dari panel tersebut dapat pula memungkinkan ponsel berdesain tipis dan ringan.

baca juga :  Pilih mana, Poco X3 Pro atau realme 8 Pro?

Fakta bahwa setiap piksel Super AMOLED dapat aktif sendiri, memungkinkan kualitas kontras yang sangat tinggi serta lebih hemat baterai lantaran hanya mengaktifkan cahaya piksel sesuai kebutuhan. Ketika ponsel berbasis Super AMOLED masuk ke dalam mode gelap, maka efisiensi daya baterainya akan lebih tinggi.

Di sisi lain, ponsel Realme 8 juga memiliki teknologi layar Super AMOLED seperti Redmi Note 10. Meski demikian, Xiaomi membekali layar Redmi Note 10 dengan kecerahan maksimal 1.100 nit, dimana Realmi 8 hanya memiliki kecerahan maksimal 1.000 nit. Ini berarti bahwa Redmi Note 10 akan lebih dapat menangkal gangguan refleksi pada cahaya di sekitarnya.

Prosesor

Redmi Note 10 adalah ponsel pertama di tahun ini yang menggunakan prosesor Snapdragon 678. Prosesor ini menawarkan peningkatan performa kamera dan pengalaman bermain gim dengan tetap menjaga efisiensi daya baterai.

Sementara itu, Realme 8 diperkuat dengan prosesor MediaTek Helio G95. Prosesor ini menggunakan basis pabrikasi berukuran 12 nm. Sedangkan Snapdragon 678 yang mentenagai Redmi Note 10 hadir dengan pabrikasi 11 nm.

Sebagai informasi, semakin kecil ukuran pabrikasi, maka semakin banyak transistor yang bisa ditanam di dalam sebuah prosesor. Ini berujung pada performa yang semakin kencang. Transistor yang lebih kecil juga membutuhkan daya yang semakin rendah. Mengingat Snapdragon 678 memiliki pabrikasi 11 nm dan MediaTek Helio G95 hadir dengan basis 12 nm, maka Redmi Note 10 akan berperforma lebih kencang dan lebih irit baterai jika dibandingkan dengan Realme 8.

baca juga :  Xiaomi Luncurkan Redmi Note 10 Series Sebagai Jawaranya AMOLED dan Kamera 108MP, Dobrak Standar Segmen Mid-Range

Teknologi penyimpanan

Dalam hal penyimpanan, teknologi yang dipegang olah Redmi Note 10 adalah Universal Flash Storage (UFS) 2.2. Sedangkan Realme 8 menggunakan teknologi penyimpanan yang agak lawas dengan UFS 2.1. Perbedaan utama antara UFS 2.2 dan UFS 2.1 adalah penambahan fungsi Write Booster.

Fitur tersebut meningkatkan kecepatan menulis UFS 2.2 dibandingkan pendahulunya. Peningkatan kecepatan menulis biasanya akan mendongkrak kecepatan pengaktifan aplikasi dan pemuatan cache. Teknologi UFS 2.2 juga akan memastikan performa pencarian file yang lebih baik, waktu encoding yang lebih cepat, dan masih banyak lagi kelebihannya.

Audio

Keunggulan Redmi Note 10 selanjutnya jika dibandingkan dengan Realme 8 terletak pada speaker yang dimilikinya. Ponsel buatan Xiaomi tersebut hadir dengan tata suara stereo berkat kelengkapan speaker ganda. Untuk Realme 8, ponsel ini tidak dilengkapi dengan speaker ganda sehingga masih menggunakan format audio mono.

baca juga :  Membandingkan Redmi Note 10 Pro dan Realme 8 Pro

Ini berarti bahwa Redmi Note 10 dapat memberikan pengalaman ketika bermain gim dan menonton film lebih sinematis ketimbang Realme 8. Kedua speaker ini hadir dengan posisi seimbang, artinya salah satu dari speaker stereo ini tidak menggunakan speaker untuk telinga ketika melakukan panggilan telepon. Dengan demikian tingkat volume suara antara kanal kiri dan kanan akan terdengar sama, ditambah dengan separasi stereo yang lebar.

Baterai

Dilihat dari kapasitas baterai, baik Redmi Note 10 dan Realme 8 diperkuat dengan baterai 5.000 mAh. Meski demikian, ponsel buatan Xiaomi hadir dengan pengisian daya cepat (fast charging) yang lebih tinggi pada 33W. Sedangkan ponsel terbaru Realme hadir dengan fast charging 30W. Ini berarti energi baterai yang ada di dalam Redmi Note 10 akan lebih cepat terisi dibandingkan Realme 8.

Untuk harga, Realme 8 dibanderol dengan Rp3.399.000. Di sisi lain, Xiaomi melepas ponsel Redmi Note 10 dengan harga Rp2.399.000. (*/gus)

baca juga

Xiaomi Luncurkan Redmi Note 10 Series Sebagai Jawaranya AMOLED dan Kamera 108MP, Dobrak Standar Segmen Mid-Range

Agus Supriyadi

Pilih mana, Poco X3 Pro atau realme 8 Pro?

Agus Supriyadi

Membandingkan Redmi Note 10 Pro dan Realme 8 Pro

Agus Supriyadi