Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Menengok Gerakan Balik Kanan Warga Bantaran Kali Mas Jambangan

Suasana kampung Geblak Jambangan

Surabaya, memorandum.co.id – Sebuah perkampungan di pinggir sungai Kali Mas memiliki inovasi Geblak alias Gerakan Balik Kanan. Apa maksudnya?

Ternyata, Geblak adalah sebuah gerakan bersama di mana warga Jambangan yang tinggal di bantaran sungai mengubah posisi rumah menghadap sungai.


Ini dilakukan karena bantaran sungai sudah dipercantik dan warga bisa lebih mengapresiasi lingkungan bila pemandangan rumahnya diubah.

Tak hanya itu, saat memasuki kampung ini ternyata tokoh dan warganya telah mampu menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Setiap rumah di halaman depannya terdapat pot-pot tanaman hias.

baca juga :  Eri Cahyadi: Perkuat Ekonomi Kampung dan UMKM

Di setiap RT ditempatkan depo-depo sampah. Tukang sampah memilah-milah sampah dan mengelompokkannya ke dalam bak penampungan.

Adapun sampah yang ada di Jambangan tersebut dibagi menjadi dua sampah kering dan basah. Sampah kering yang berupa kardus atau plastik untuk selanjutnya dikirim ke bank sampah. Sampah basah berupa sisa dapur dan sayuran.

Seperti layaknya bank-bank umum lainnya, setiap warga yang mengirimkan sampah keringnya akan dicatat oleh seorang petugas, berapa kilogram sampah yang disetorkan ke bank sampah tersebut.

baca juga :  Pembangunan Jembatan Jambangan Sawah Lamban

Selain itu juga ada truk pengangkut sampah kering setiap kurun waktu tertentu mendatangi bank sampah dan membawahnya ke tempat pengepul untuk ditimbang.

Mulyono, Ketua RT 05/RW 03 mengatakan, kampung Jambangan tak hanya bersih dan nyaman. Tamu dari luar negeri seperti Korea Selatan juga datang ke kampung Jambangan.

“Di sini sudah mendapat penghargaan kampung bersih juara satu,” ujar Mulyono saat berbincang dengan memorandum.co.id, Rabu (30/12/2020).

Rencananya, warga akan menjual makanan-makanan khas Surabaya layaknya lontong mie dan juga produk unggulan ote-ote daun gedi untuk disuguhkan kepada para pengunjung.

baca juga :  Hindari Banjir, PU Keruk  Kali Mas dan Kali Lamong

Ote-ote ini selalu menjadi andalan warga dan kerap dijadikan suguhan saat menerima tamu lokal maupun mancanegara.

“Setiap ada tamu disuguhi itu dan langsung habis. Memang enak sekali, rasanya lebih gurih,” ujarnya.(x3)

baca juga

Pembangunan Jembatan Jambangan Sawah Lamban

Syaifuddin

Monyet Teror Warga Jambangan Ditangkap

Syaifuddin

Kolam Renang Jambangan Tuntas Akhir Tahun

Syaifuddin