Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Menkes Titip 4 Saran, BNPB Gelontorkan Bantuan untuk Redam Lonjakan Covid-19 di Bangkalan

Menkes dan Kepala BNPB saat rapat koordinasi menggelontorkan bantuan dan melakukan pemantauan di lapangan untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid 19 di Bangkalan

Bangkalan, Memorandum.co.id – Pemerintah pusat segera merespon lonjakan kasus coronavirus desease atau covid 19 di Kabupaten Bangkalan yang terdeteksi semakin memburuk dalam dua pekan terakhir ini. Terbukti, pemerintah melalui Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (8/6) siang, turun langsung ke lapangan untuk memantau perkembangan covid di kabupaten ujung Barat Pulau Madura itu.

“Sebelum turun ke lapangan, Menkes, Kepala BNPB dan Guberur berinisiatif menggelar rapat koordinasi darurat dengan Satgas Penanganan Covid kabupaten dan provinsi di penopo agung Kabupaten Bangkalan,” kata Jubir Satgas Pemkab Bangkalan, Dr Agus Sugiyanto Zein.


Di hadapan Bupati Bupati R Abdul Latif Amin Imron selaku Ketua Satgas Kabupaten serta anggota Forkompimda, Kepala Dinkes H Sudiyo,Skep Ns dan pimpinan OPD terkait selaku wakil Ketua dan anggota Satgas, Menkes Budi Gunawan Sadiki, sedikitnya sempat titip 4 saran dan harapan terkait strategi untuk mengatasi lonjakan kasus covid di Kabupaten Bangkalan.

baca juga :  Dua Hari Pasca-New Normal, Warga Positif Covid-19 Bertambah 11 Orang

Di antaranya, Menkes menyarankan agar rutinitas edukasi untuk mengoptimalkan kesadaran masyarakat guna mematuhi protokol kesehatan (prokes) harus dilipatgadakan. Dalam konteks ini, Budi Gunawan berharap Pemkab tidak hanya mengandalkan peran dan fungsi tim satgas kabupaten dan kecamatan saja.

”Tetapi para kiai, ulama dan tokoh masyarakat sebagai figur panutan publik harus dilibatkan,” pinta Budi Gunawan.

Kedua, tindakan cepat dan lugas untuk segera merujuk warga yang terkonfirmasi positif covid ke rumah sakit rujukan, merupakan strategi yang tak kalah pentingnya untuk mecegah penyebaran dan penularan covid.

baca juga :  Polda Jatim Bagikan Sembako Sambil Ingatkan Prokes ke Masyarakat

Ketiga, Budi Gunawan menyarankan agar kegiatan tracing dan langkah isolasi secara mandiri bagi warga positif dalam stadium ringan dan sedang, harus lebih digalakkan.

“Jika ada warga yang menolak, tim satgas bisa melakukan tindakan untuk mengisolasi yang bersangkutan di tingkat RT atau kecamatan,” saran Budi Gunawan.

Terakhir, atau saran keempat, Budi Gunawan menekankan agar proses vaksinasi bisa dipercepat. Targetnya untuk meningkat imun mayoritas warga guna membentengi diri agar tak mudah terpapar covid.

Budi Gnawan optimis gejolak covid yang kembali memburuk di Kabupaten Bangkalan akan segera terantisipasi jika empat saran itu dikembangkan secara maksimal oleh Tim Satgas kabupaten dan kecamatan.

baca juga :  Perawat Senior Puskesmas Tongguh Bangkalan Meninggal Karena Covid-19

Sebelum mengakhiri rapat koordinasi, Menkes Budi Gunawan juga memastikan pemerintah pusat melalui Kemenkes secepatnya menggelontorkan ragam jenis bantuan untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid di Kabupaten Bangkalan. Di antaranya berupa dana siap pakai senilai Rp 1 miliar, 20.000 Pcs masker INA, 10.000 Pcs masker anak, serta 20 cerigen handsanitizer.

Selanjutnya, didampingi Bupati R Abdul Latif Amin Imron, Gunerbur Khofifah Indar Parawanza, anggota Forkopmda serta Tim Sagtas Kabupaten dan Provinsi, Menkes Budi Gunawan Sadikin dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, turun langsung melakukan pemantauan lapangan. Diantaranya ke Kecamatan Arosbaya yang menjadi episentrum terbesar lonjakan kasus covid di Kabupaten Bangkalan. (ras)

Reporter : Biro Madura

baca juga

Setelah Sepekan Ditutup, Layanan 3 Puskesmas di Kecamatan Zona Merah Dibuka Kembali

Aziz Manna Memorandum

Sepekan, 51 Warga Bangkalan Positif Covid-19, Jangan Abaikan Prokes

Aziz Manna Memorandum

Satu Positif Covid-19, Seluruh Pegawai Bappeda Bangkalan Jalani Rapid Tes dan Swab-PCR

Aziz Manna Memorandum