Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Mobil Patroli Tangguh Polsek Blega Gencar Sosialisasikan Disiplin Prokes

Mobil patroli tangguh (MPT) Polsek Blega menyisir ruas jalan protokol kecamatan.

Bangkalan, memorandum.co.id – Rutinitas  operasi penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) tidak hanya gencar diterapkan di kawasan jantung Kota Bangkalan. Polsek Blega sebagai bagian dari 17 polsek jajaran di lingkup polres juga tak kalah greget melacarkan kegiatan serupa. Target dan misinya sama, yaitu menyukseskan implementasi Inpres Nomor 6 Tahn 2020.


Bahkan, memanfaatkan mobil patroli tangguh (MPT) andalannya, giat operasi Polsek Blega tidak hanya diterapkan pagi dan sore. Tetapi juga rajin hunting malam hari. Malah  tak jarang  bergerak dari desa ke desa hingga dini hari.


“Seperti Sabtu malam, anggota giat patroli hingga dini hari. Mereka, sesuai amanah Bapak Kapolres, tidak hanya melakukan giat sosialisasi dan edukasi tentang peningkatan disiplin prokes. Tetapi juga memantau dan mengawasi kondisi kamtibas,” kata Kapolsek Blega AKP Edy Tjahyono Putra, Minggu (27/9/2020).

baca juga :  Mobil Patroli Tangguh Covid-19 Polsek Blega Sisir Pedesaan

Dinakhodai Ps Kanitsabhara Bripka Handyatus dan Bripda Rosy, giat MPT Polsek Blega mengawali hunting malamnya sekitar  pukul 19.30. Mereka menyisir sepanjang ruas jalan protokol Kecamatan Blega di Desa Blega.

Kompleks pasar tradisional Blega, pertokoan, minimarket, toserba, rumah makan,  dan puluhan PKL yang berderet sepanjang jalan disisir dan disambangi satu per satu. Maklum suasana sepanjang ruang jalan utama di kecamatan setempat, tetap pada keramaian hingga sekitar pukul 22.00.

Setiap ada kerumunan publik, kandaraan MPT Polsek Blega akan berhenti beberapa saat. Dengan megaphone, mereka aktif mengedukasi masyarakat. Mereka diajak untuk lebih disiplin menerapkan prokes. Seperti  rajin cuci tangan, jaga jarak, serta ketentuan wajib pakai masker jika beraktifitas di luar rumah.

baca juga :  Mobil Patroli Tangguh Covid-19 Polsek Blega Sisir Pedesaan

Warga yang terdeteksi melanggar prokes, utamanya mereka yang tidak memakai masker, dikumpulkan untuk diberi pencerahan cara-cara yang humanis dan persuasif. ”Mereka kemudian kami bimbing menuju MPT  yang parkir di tepi jalan,” kata Bripka Handyatus.

Kegiatan dan perlakuan serupa juga diterapkan petugas MPT ketika menyusuri sejumlah perkampungan padat penduduk. Hanya saja, di setiap perkampungan, petugas juga aktif meyisipkan ajakan agar warga ikut aktif menjaga kamtibmas melalui giat siskamling.

“Alhamdulillah, giat patroli anggota polsek selalu mendapat sambutan baik dari masyarakat,” pungkas Bripka Handyatus. (ras/fer)

baca juga :  Kapolres Bangkalan Luncurkan Mobil Patroli Tangguh Covid-19

 

Reporter : Biro Madura

baca juga

Mobil Patroli Tangguh Covid-19 Polsek Blega Sisir Pedesaan

Ferry Ardi Setiawan

Kapolres Bangkalan Luncurkan Mobil Patroli Tangguh Covid-19

Aris Setyoadji