Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jatim

Mulai Pekan Depan, Gubernur Targetkan Vaksin Moderna Sudah Menyebar di Jatim

Vaksin Covid-19

Surabaya, memorandum.co.id – Vaksin Moderna dari Amerika Serikat terus diedarkan ke berbagai penjuru Tanah Air setelah vaksin ini tiba di Jakarta. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menargetkan, vaksin yang memiliki nama resmi mRNA-1273 ini sudah beredar pekan depan di seluruh kota/kabupaten yang ada di Jawa Timur.

“Doakan saja, semoga Kamis, atau Jumat atau Sabtu pekan depan, Vaksin Moderna sudah ada di sini. Ini vaksin yang berbeda, diprioritaskan untuk tenaga kesehatan,” ujar Khofifah, Minggu (1/8/21)


Sebagaimana ketetapan dari Kemenkes, vaksin Moderna diutamakan untuk tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan melawan pandemi Covid-19, agar memiliki daya tahan yang lebih kuat. Para nakes tersebut sebelumnya juga sudah mendapatkan 2 kali dosis vaksin merek Sinovac buatan Cina.

baca juga :  Pemprov Jatim Perluas Cakupan Pembelajaran Tatap Muka SMK

“Nanti para nakes tersebut akan mendapatkan pakta integritas usai disuntik vaksin Moderna,” tutur Khofifah.

“Jadi mulai sekarang bisa disosialisasikan kepada asosiasi difabel, untuk vaksinasi pekan depan,” sambungnya Khofifah.

Selain itu Khofifah meminta agar Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan di tiap kabupaten/kota untuk melakukan sosialisasi dan pendataan masyarakat difabel agar bisa mengikuti vaksinasi pekan depan.

“Lokasinya bisa di kampus, saya pikir cukup representatif. Di sini cukup luas, sehingga bisa jaga jarak. Juga ada tempat vaksin khusus untuk perempuan,” kata Khofifah.

baca juga :  Vaksin Booster Moderna Timbulkan Efek, Kadinkes: Hal itu Sudah Biasa

Khofifah meminta, dalam percepatan vaksinasi ini, masyarakat lokasi vaksinasi diperhatikan. Hal ini untuk mencegah timbulnya kerumunan mengingat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi terhadap vaksin Covid.

“Semoga ini bisa mempercepat terbentuknya herd immunity sehingga pandemi bisa segera kita atasi,” pungkas Khofifah. (mg6)

baca juga

Wujudkan Herd Immunity, Forkopimda Jatim Cek Vaksinasi di Jombang

Syaifuddin

Warga Tidak Terdaftar Penerima Bansos Akhirnya Diberi Gubernur

Syaifuddin

Vaksinisasi di ITS Dapat Apresiasi Gubernur Khofifah

Aziz Manna Memorandum