Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

‘Ngrewangi Umak Dodolan’ Dorong UMKM Kembangkan Usaha

Walikota Malang dan Ketua TP PKK/ Ketua Dekranasda Kota Malang membuka pameran UKM.

Malang, Memorandum.co.id – Memperingati Hari Pelanggan 2020, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) serta Malang Gleerr menggelar event ‘Ngrewangi Umak Dodolan’ yang dilaksanakan di Gedung Kartini, Kota Malang, Sabtu (12/9/2020).

Event yang dibuka oleh Wali Kota Malang, Sutiaji ini ditujukan untuk merecovery perekonomian Kota Malang di tengah pandemi Covid-19 dengan menggaet para pelaku UMKM.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang yang juga Ketua Dekranasda, Widayati Sutiaji mengatakan, hingga saat ini sudah banyak pelaku UMKM yang ikut bergabung.

“Kami lihat tadi sudah banyak yang mendaftar dan langsung kami bikinkan profil,” katanya.

baca juga :  Soal Larangan Masker Scuba, Sutiaji: Pemkot Malang Belum Ada Kebijakan

Nantinya, para pelaku UMKM ini akan dibina dengan penguatan terkait bagaimana cara menjual produk-produk mereka secara online. Selain pembinaan, pihaknya juga memberi wadah berupa ruang pamer dan tempat display.

“Jadi kami beri pembinaan dan penguatan. Dan alhamdulillah ada beberapa tadi yang ikut mendisplay di sini,” terangnya.

Tak hanya itu, bagi para pelaku UMKM yang belum bergabung dengan Dekranasda, Widayati mengimbau untuk segera bergabung agar usahanya dapat berkembang.

“Kami kan sudah kerjasama dengan komunitas, tugas komunitas inilah nanti yang memberikan edukasi, dalam artian kalau ingin berkembang ya harus bergabung, kalau sudah bergabung di kami, nanti saat memberikan pembinaan akan lebih muda. Dan dibuka untuk semuanya, baik IKM atau UKM,” imbuhnya.

baca juga :  Lagi, Pemkot Malang Terima Bantuan Peduli Covid-19

Sedangkan untuk pangsa pasar pelaku UMKM di Kota Malang, ia menyebut akan bekerjasama dengan berbagai pihak. Seperti misalnya di kampus-kampus, terutama saat diberlangsungkan prosesi wisuda.

“Malang kan kota pendidikan, jadi misal di UB ada wisuda akan kami ajak kerjasama, karena setiap bulan itu pasti ada wisuda,” singkatnya.

Selain kampus, para pelaku UMKM yang ikut bergabung di Deskranasda ini bisa mengikuti pameran usaha, ia mencontohkan, yakni ketika Pemkot Malang sedang menerima kunjungan, maka Pemkot Malang berhak membawa pengunjungnya untuk mampir melihat produk-produknya.

“Kalau ada kunjungan ke Pemkot Malang, cukup dibawa ke sini, ini adalah perwakilan produk-produk UMKM yang sudah display di sini, jadi nggak usah kemana-mana, dan karena di sini ruangnya tidak terlalu besar, ketika ada kunjungan, yang memproduksi bisa kami ajak kerjasama untuk dia mendatangkan produk-produknya yang bisa dipamerkan di sini. Ketika ada kunjungan seperti itu, kami memberikan pembinaannya,” terangnya.

baca juga :  Bapenda Kota Malang Datangi Kantor Gojek

Dengan event yang digelar pada hari ini saja dan dibagi enam sesi ini, Widayati berharap para pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya.

“Harapan saya, tidak hanya penjualannya secara online, tetapi harus bisa memamerkan produk-produknya, itu yang langsung bisa dilihat oleh mata,” tandasnya. (lis/ari)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Wawali Kota Malang Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Aris Setyoadji

Walikota Sutiaji Tinjau Kepatuhan Protokol Kesehatan dalam UTBK

Aziz Manna Memorandum

Walikota Malang Targetkan Aset Pemkot Tersertifikasi

Agus Supriyadi