Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Operasi Zebra Berbalut Baksos dan Edukasi Prokes Dulang Empati Publik

Kasat Lantas AKP Abdul Azis Sholahuddin bersama anggota membagikan nasi kotak masker gratis disela-selat  Operasi Zebra Semeru 2020.

Bangkalan, memorandum.co.id – Ada sisi menarik tersaji di balik  Operasi Zebra Semeru 2020 yang digelar Satlantas Polres Bangkalan. Giat operasi yang dikonsentrasikan di beberapa kawasan rawan kecelakaan lalu-lintas. Di sela operasi yang dihelat 26 Oktober hingga 8 November nanti ada sosialisasi protokol kesehatan (prokes), serta bakti sosial (baksos).


“Aktivitas lapangan anggota dalam Operasi Zebra yang kami gelar di tengah pandemi kali ini memang tidak seperti deretan operasi serupa sebelumnya,” kata Kasat Lantas AKP Abdul Azis Sholahudin SH SIK, selaku nakhoda Operazi Zebra di wilayah hukum Polres Bangkalan.


Menurut Abdul Azis, ada beberapa kegiatan tambahan yang mesti dikembangkan anggota satlantas saat turun ke lapangan. Di antaranya,  mereka harus aktif  sosialisasi dan edukasi prokes Covid 19. Juga  baksos  berbasis kemanusiaan, seperti bagi-bagi nasi kotak, buah-buahan, air mineral dan tebar masker gratis skala besar. Tidak hanya kepada pengendara kendaraan di jalan raya, tetapi juga kaum dhuafa di sekitar lokasi operasi.

baca juga :  Operasi Zebra Satlantas Disisipi Edukasi Disiplin Penerapan Prokes

“Dua kegiatan tambahan itu, sesuai imbauan Bapak Kapolri Jenderal Idham Azis, malah harus lebih diutamakan,” tegass mantan Kanit III Subbid Paminal Bidpropam Polda Jatim itu.

Penindakan hukum kepada pelanggar tertib dan aturan alu-lintas tetap diterapkan. Hanya sanksinya Cuma sebatas teguran. Tidak boleh penindakan tilang di tempat.

Giat Operasi Zebra  pada Jumat hingga  Minggu (1/11) kemarin, dikonsentrasikan di Jalan Soekarno-Hatt,.  Aparat membagikan nasi kotak, buah jeruk, air mineral, dan masker gratis. Juga menyisipkan edukasi prokes sebagaimana diamanatkan Inores Nomor 6 Tahun 2020.

baca juga :  Tindak Pengendara di Bawah Umur, Polres Pasuruan Panggil Orang Tua

Realita ini segera mendulang empati publik. “Kali ini saya angkat topi kepada rekan-rekan Satlantas Polres Bangkalan,” komentar Drs Mas Imam Luthfi (56), pemerhati sosial asal Kota Bangkalan.  (ras/udi).

baca juga

Wisata Dipadati Warga, Satlantas Polres Gresik Gencar Sosialisasikan Prokes

Ferry Ardi Setiawan

Tujuh Hari Berjalan, Operasi Zebra Tindak 10 ribu Pelanggar

Syaifuddin

Tindak Pengendara di Bawah Umur, Polres Pasuruan Panggil Orang Tua

Aris Setyoadji