Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kediri

Operasi Zebra Semeru 2020, Polres Kediri Kerahkan 130 Personel

Kasatlantas Polres Kediri AKP Bobby Muhammad Zulfikar memeriksa kesiapan kendaraan pendukung Operasi Zebra Semeru 2020.

Kediri, memorandum.co.id – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Semeru (OZS) 2020, Satlantas Polres Kediri menggelar apel pasukan di halaman mapolres, Senin (26/10/2020).


Apel pasukan dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan personel maupun fasilitas prasarana logistik yang dimiliki sebagai menunjang kinerja aparat kepolisian di lapangan.


Dalam Operasi Zebra Semeru kali ini, Satlantas Polres Kediri melibatkan 130 personel. Sasaran operasi adalah pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Di antaranya pengendara di bawah umur, melebihi batas kecepatan, dalam pengaruh alkohol, berkendara sambil menggunakan telepon genggam, tidak menggunakan helm standar, roda empat tidak memakai sabuk pengaman, serta berkendara melawan arus.

baca juga :  Pesta Miras Oplosan, 4 Tewas 2 Masuk RS

Kasatlantas Polres Kediri AKP Bobby Muhammad Zulfikar mengatakan, ada yang berbeda dalam Operasi Zebra Semeru 2020 ini. Selain menyasar pelanggar lalu lintas, petugas juga mengimbau dan menegur agar menerapkan protokol kesehatan. Utamanya mereka yang tidak memakai masker saat berkendara.

“Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi, maka selain upaya represif, petugas juga melakukan upaya preventif dan preemtif pembagian masker guna mengajak masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan melalui pemakaian masker dalam setiap aktivitas. Terutama saat berkendara dan beraktivitas di luar, guna mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Bobby.

baca juga :  Pimpin Rapat Pra Ops Zebra Semeru 2020, Kapolres Berharap Berjalan Maksimal

Dijelaskan Bobby, operasi ini juga bertujuan menciptakan suasana kondusif saat libur panjang, serta mengantisipasi adanya arus mudik dan arus balik. Sehingga harapannya tidak terjadi penumpukan dan penyebaran Covid-19.

“Oleh sebab itu kami akan menempatkan personel di lokasi yang menjadi penghubung antarkota. Salah satunya di Pos Simpang Empat Mengkreng,” sambung Bobby.

Bobby menambahkan, pihaknya bakal menindak dengan skala prioritas. Yaitu pelanggaran yang berpotensi terjadinya kecelakaan.

“Melalui Operasi Zebra Semeru 2020 ini, kami harap angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kediri dapat menurun, begitu juga jumlah pelanggarnya,” pungkas dia.

baca juga :  Operasi Zebra Semeru 2020, Hari Pertama Satlantas Polres Kediri Kota Jaring 55 Pelanggar

Usai apel pasukan, dilanjutkan pengecekan sejumlah prasarana logistik yang kesehariannya selalu digunakan oleh anggota di lapangan. Pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2020 digelar hingga 14 hari ke depan. (mis/mad/fer)

baca juga

Wisata Dipadati Warga, Satlantas Polres Gresik Gencar Sosialisasikan Prokes

Ferry Ardi Setiawan

Tokoh Agama Kota Kediri Apresiasi Pelaksanaan Pemilu Aman, Sejuk, Damai, dan Demokratis

Aris Setyoadji

Terlibat Penipuan, Mantan Camat Kras Ditahan Polisi

Agus Supriyadi