Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kesehatan Pendidikan

Orang Tua Wajib Luangkan Waktu 30 Menit Temani Anak Bermain

Seminar soal ayo bermain yang digelar secara daring.

Surabaya, memorandum.co.id – Berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) (2020), 63 persen anak Indonesia mengalami kejenuhan karena tak bisa bermain bebas seperti sebelum pandemi Covid-19.


Agar anak tetap bersemangat meski tetap berada di rumah, maka orang tua wajib untuk meluangkan waktu bermain dengan anak. Paling tidak 30 menit setiap hari. Bila tidak bisa, bisa dilakukan dalam 2 atau 3 hari sekali.


“Dengan meluangkan waktu 30 menit, orang tua bisa membuat bermain berkualitas dengan anak. Sebab, proses belajar anak adalah dengan bermain,” beber Anastasia Satriyo, psikolog anak, dalam acara webinar dengan tema Ayo Main: Inspirasi Ciptakan Momen Main Seru Bersama Anak yang diselenggarakan IKEA Indonesia, Rabu (11/11/2020).

baca juga :  Hadapi New Normal, IKEA Luncurkan Katalog 2021 Digital

Bermain seperti apa yang berkualitas, masih lanjut dia, di antaranya bermain Lego, puzzle, atau permainan yang membuat anak bisa bergerak dan menyenangkan. Ini penting untuk kesehatan mental dan pisik anak.

Diakui selama ini anak terjebak dengan android atau gadget. Maka orang tua harus membatasi si anak dengan gadget-nya.

“Orang tua tidak asal melarang, namun itu dilakukan dengan empati sehingga si anak tidak keberatan. Selain itu juga orang tua juga harus menanggalkan android nya ketika melakukan pendampingan dengan anak,” tambahnya.

baca juga :  Gandeng Save the Children, IKEA Bantu Anak Terdampak Covid-19

Sedangkan Country Marketing Manager IKEA Indonesia Dyah Fitrisally mengungkapkan pihaknya melakukan kampanye ayo bermain untuk anak-anak. Sebab, dengan kondisi pandemi ini anak-anak bermainnya menjadi terbatas.  Maka lewat kegiatan ayo bermain ini untuk meningkatkan kehidupan lebih baik pada anak-anak.

“Bermain dengan anak-anak bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah.  Ini bisa berlangsung dengan memanfaatkan apa yang ada di rumah,” kata dia.

Masih lanjut dia, kampanye ayo main terdiri dari beberapa kegiatan meliputi, kolaborasi IKEA dengan organisasi kemanusian terkemuka untuk anak-anak, Save The Children pada kegiatan donasi 1 toy = 1 Euro pada Oktober lalu. Selain itu, juga menyelenggarakan kompetisi menggambar yang dapat diikuti oleh anak maksimal usia 12 tahun dari tanggal 5-22 November 2020. (udi)

baca juga :  Gandeng Save the Children, IKEA Bantu Anak Terdampak Covid-19
Reporter : Syaifuddin

baca juga

Hadapi New Normal, IKEA Luncurkan Katalog 2021 Digital

Ferry Ardi Setiawan

Gandeng Save the Children, IKEA Bantu Anak Terdampak Covid-19

Aziz Manna Memorandum