Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Tulungagung

PAIH Kedungwaru Cek Prokes Masjid

Jemaah salat Iduladha terapkan prokes Covid-19.

Tulungagung, memorandum.co.id – Sesuai Surat Edaran Menteri Agama nomor 18 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban tahun 1441 H/2020 Masehi Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, Penyuluh Agama Islam Honorer (PAIH) Kecamatan Kedungwaru, mengecek beberapa masjid yang menggelar salat Iduladha.

“Kami bagi tugas untuk melakukan cek beberapa masjid, apakah sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) atau belum,” kata Mohamad Wildan Ali Kusuma Negara, Koordinator PAIH Kecamatan Kedungwaru, Jumat (31/7).

Salah satu masjid yang dicek yaitu Masjid Sunan Ampel, di Desa Mangunsari. Di masjid itu seluruh jemaahnya sudah menjalankan prokes ketika melaksanakan salat Iduladha. Nampak masing-masing jemaah memakai masker dan tidak bersalaman, serta menjaga jarak antarjemaah.

PAIH Kecamatan Kedungwaru juga melakukan cek di Masjid Nurul Huda, Desa Plosokandang, ketika pelaksanaan salat Iduladha.

“Alhamdulillah, Masjid Nurul Huda telah menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat Iduladha. Semua jemaah terpantau memakai masker, menjaga jarak antarjamaah, dan setiap jamaah membawa perlengkapan salat sendiri,” tutur Luluk Zakiyah, salah satu PAIH Kecamatan Kedungwaru ketika mengecek masjid tersebut.

Menurut Luluk Zakiyah, di Plosokandang tidak hanya Masjid Nurul Huda, Masjid Miftahul Kasanah juga menerapkan protokol kesehatan yang sama.

Data PAIH Kedungwaru menyebutkan, Masjid At Taqwa di Desa Simo, Masjid Hasan Syuhada’ di Desa Plandaan, Masjid Baiturrohman di Desa Ketanon, Masjid Al Mimbar di Desa Majan, Masjid Jami’ Baitun Nasir di Desa Gendingan, dan beberapa masjid lain di wilayah Kecamatan Kedungwaru sudah menerapkan prokes sesuai imbauan pemerintah.

“Semua masjid yang dicek oleh PAIH Kecamatan Kedungwaru sudah menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat Iduladha,” terang dia.

Pihaknya menjelaskan, melakukan cek protokol kesehatan pada masjid yang melaksanakan salat Iduladha merupakan komitmen PAIH Kecamatan Kedungwaru, untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. (pus/mad/tyo)

 

baca juga

Rayakan Iduladha, Polresta Sidoarjo Salurkan Hewan Kurban

Aris Setyoadji

Polres Mojokerto Sembelih 34 Hewan Kurban

Aris Setyoadji

PDI-P Surabaya: Iduladha Momen Terbaik Kobarkan Semangat Pengorbanan

Aris Setyoadji