Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Pangdam V/Brawijaya Serahkan  Penghargaan Prajurit Kreatif kepada Babinsa Komdim 0824/Jember

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto menyerahkan  penghargaan Prajurit Kreatif kepada Serda Dawud.

Jember, memorandum.co.id – Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto memberikan penghargaan lima babinsa (bintara pembina desa) sebagai prajurit kreatif pada apel Komandan Satuan (Dansat), Kamis (1/4/2021) di Malang.

Dinobatkan sebagai salah satu prajurit yang memiliki produk unggulan, Ia bertugas sebagai Babinsa Desa Karang Paiton, Kecamatan Ledokombo Serda Dawud, Kodim 0824 Jember, terpilih sebagai Prajurit Kreatif dalam bidang dunia pertanian dan ketahanan pangan.


Pria Asli Cilacap ini, yang hobi membaca di internet dapat mengimplementasikan teori dan dipraktikkan yang sekarang sudah bisa dinikmati puluhan kelompok petani binaan di lima kecamatan.

Berkat keuletan dan ketabahanya dalam mempraktekkan guna mewujudkan impiannya, bisa mengolah dan meracik pupuk organik semprot yang diracik dapat digunakan semua jenis tanaman termasuk tanaman buah-buahan dan tanaman pangan serta tanaman holtikultura.

“Selain menjalankan tugas sebagai prajurit TNI Kodim 0824/Jember, saya bermimpi bisa membuat dan meracik pupuk semprot yang bisa digunakan untuk ketahanan dan kekebalan terhadap serangan hama/penyakit, meningkatkan pertumbuhan dan hasil panen, ” ungkap Serda Dawud, Minggu (4/4/2021)

Lanjut Serda Dawud, Dengan mendapatkan penghargaan ini, Ia akan berkomitmen dan berinovasi serta lebih semangat, mengembangkan kelompok petani, baik petani kates, padi dan jagung.

“Sebagai bentuk tanggung jawab, kami akan terus mengembangkan dunia pertanian, membantu masyarakat petani dalam menjaga ketahanan pangan, yang selama ini masyarakat masih belum kurang faham dengan adanya pupuk penyemprotan ditambah pupuk, hasilnya akan lebih maksimal, “tandas nya

Menurut Babinsa Desa Karang Paiton, Kecamatan Ledokombo, petani merupakan sebagai tulang punggung perekonomian dan penyangga ketahanan pangan bangsa, petani Sukses ekonomi akan maju TNI bersama petani NKRI pasti jaya.

Sementara Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin mengatakan, Serda Dawud merupakan salah satu prajurit TNI yang bertugas sebagai Babinsa di Desa Karang Paiton, Kecamatan Ledokombo, telah dinobatkan sebagai prajurit kreatif, memiliki produk keunggulan terbaik yang sudah dirasakan oleh masyarakat petani.

“Setelah memberikan pemaparan dan materi terhadap apel Dansat perihal bagaimana cara meningkatkan ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, Ia berhasil dengan meracik pupuk semprot yang dapat membantu kelompok petani khususnya pepaya California, “jelas Dandim 0824 Jember.

Lanjut La Ode, Untuk kedepan kami programkan One Koramil One Produk unggulan, diharapkan Banbinsa yang lain bisa memberikan presentasi dan kreativitas, yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Prestasi ini bisa menjadi salah satu semangat babinsa yang lain untuk berinovasi dan berprestasi dengan produk unggulan baru, yang bisa meningkatkan ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. ” pungkas lulusan Akmil tahun 2001. (edy)