Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Headline

Pascaerupsi Semeru, Warga Pronojiwo Diimbau Tetap Waspada

Kondisi daerah yang tekena lintasan lahar

Lumajang, Memorandum.co.id – Guguran awan panas dari Gunung Semeru yang berada di wilayah Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Selasa (1/12), meluncur hingga sejauh 3.000 meter ke arah Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Menurut pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, guguran awan panas meluncur sejauh 3.000 meter ke arah Besuk Kobokan sehingga menyebabkan akses jalan pintas dari Desa Supiturang ke Dusun Curah Kobokan tidak bisa dilewati karena tertutup guguran lava.


Menurut kesaksian warga setempat, terjadi beberapa kali letusan yang diiringi suara gemuruh yang diduga suara guguran lava dari puncak kawah Semeru. Mendengar itu, warga panik dan keluar dari rumah untuk melihat kondisi gunung yang kebetulan terlihat jelas di sekitar rumah mereka.

baca juga :  Gunung Semeru Kembali Dibuka, Ini Syarat Mendaki

“Malam itu kami sempat kaget, karena tiba-tiba ada suara letusan keras disusul suara gemuruh dari atas gunung,“ ujar Nur, warga sekitar

Sementara itu, meski tak ada korban jiwa dalam erupsi semalam, kerugian materill sementara, khususnya yang diderita oleh beberapa penambang pasir cukup besar. Terdata 5 unit excavator, 2 unit dumptruck dan loader, 1 unit Bus pariwisata tertimbun lava. Bahkan 2 warung milik warga juga bernasib sama.

“Saya turun ke sungai untuk ambil pasir sekitar jam 02:00 saya lihat gunung meletus tapi kondisi sungai masih normal, tak berapa lama di sungai tiba-tiba turun lava sehingga dump truck saya langsung tenggelam, padahal saya parkir di posisi atas sendiri,“ ujar Didik, salah satu pemilik tambang.

baca juga :  Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total hingga Maret 2021

Untuk mengantisipasi erupsi susulan, pihak Forkopimca Pronojiwo mengimbau masyarakat tidak melakukan aktifitas hingga radius 4 km dari lereng kawah aktif serta terus mewaspadai bilamana terjadi guguran lava lanjutan segera langsung menuju tempat evakuasi dengan titik kumpul di lapangan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojio.(Ani)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Serahkan Bantuan, Ketua Bhayangkari Lumajang Datangi Posko Bencana Erupsi Semeru

Syaifuddin

Semeru Meletus, Tim DVI Urkes Polres Lumajang Turun ke Lokasi Bencana

Syaifuddin

Semeru Erupsi, Gubernur Khofifah Instruksikan Percepat Pengiriman Bantuan

Aziz Manna Memorandum