Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Berita Jember

Pemdes Rowotamtu Jember Gembleng Pemuda Jadi Jurnalis Desa

Narasumber berdialog bersama peserta pelatihan.

Jember, memorandum.co.id – Di era milenial dan teknologi informasi saat ini, untuk meraih dunia dalam genggaman, Pendamping Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji menggandeng Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember menggelar pelatihan jurnalis desa.

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan pemuda karang taruna dan perangkat desa ini digembleng untuk dapat menulis serta mengirimkan informasi kemajuan desa serta merekam kejadian di media sosial (medsos).

Hal itu tampak dilakukan pemerintah Desa (Pemdes) Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji yang bekerjasama dengan Pendamping Desa dan Forum Wartawan Lintas Media (FWLM ) Jember melalui pelatihan jurnalis desa, kemarin.

Pelatihan yang bertempat di balai desa Rowotamtu ini mendatangkan mentor Mahrus Sholih dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Khoerus Sholeh, Sekretaris FWLM.

Kepala Desa Rowotamtu, Moh Sumali mengapresiasi pelatihan ini dan berharap dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) warga desa, terutama yang mengikuti pelatihan seperti pemuda karang taruna dan beberapa perangkat desa.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para peserta bisa menjadi jurnalis warga atau netizen yang berkualitas dalam menyebarkan informasi seputar desanya serta keunggulan desa dan covid -19 yang sekarang menjadi Pandemi di indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, pendamping Desa Rowotamtu, Muhammad Badril Umam mengatakan, sumber dana pengadaan pelatihan jurnalis di desa Rowotamtu diambil dari Dana Desa yang dikelola oleh Kementerian desa (Kemendes).

“Diharapkan semua pemuda desa Rowotamtu untuk lebih proaktif mendukung segala program desa agar desa yang kita cintai ini dapat menjadi desa yang maju, sekarang sudah maju agar lebih maju lagi,” urainya.

Seperti sekarang ini, sambung pendamping desa yang karib disapa Umam ini, di masa pandemi covid-19, diharapkan menjadi agen atau tempat informasi desa yang berkualitas, maka dari itu mereka perlu dibekali dengan pengetahuan tentang jurnalistik.

Ketua FWLM, Ihya Ulimuddin mengapresiasi upaya Desa Rowotamtu dan pihaknya membuka diri bagi Karang Taruna untuk kedepannya bisa bekerja sama dengan FWLM. (edy)

Reporter : Biro Jember

baca juga

Wali Kota Banjarmasin Belajar Jadi Tuan Rumah Festival HAM Tahun 2020

Syaifuddin

Tim Kompor Malang Sabet Juara Pertama Fishing Competition

Syaifuddin

Tim Jihandak Bondowoso Amankan Kiriman Paket Misterius

Aziz Manna Memorandum