Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Pemkab Jember Bergerak Bersama Percepat Vaksinasi

Wabup Jember MB Firjaun Barlaman tinjau vaksinasi di PP As-Sunniyah Al-Jauhari.

Jember, Memorandum.co.id – Wakil Bupati Jember, MB Firjaun Barlaman berharap semua pondok pesantren bisa mencontoh vaksinasi terhadap santrinya sebagaimana yang dilakukan di Pondok Pesantren As-Sunniyah Al-Jauhari.

Vaksinasi di pesantren ini sebagai upaya percepatan untuk vaksinasi sebab di Jember termasuk masih rendah. Ini sesuai imbauan presiden yang saat ini perlu digalakkan terutama percepatan vaksinasi.


“Karena kalau di pondok sudah berkumpul tinggal vaksinatornya saja yang datang, semua pesantren bisa menirunya,” ujar Wabup yang akrab disapa Gus Firjaun ini di PP. As-Sunniyah Al-Jauhari, Kencong, Rabu (25/08).

baca juga :  Sambut Hari Bhayangkara ke-75, Polda Jatim Gelar Vaksinasi Serentak Bersama Polda Seluruh Indonesia

Saat ini perlu digalakkan vaksinasi termasuk pemindahan dari isoman ke isoter dan juga persiapan obat-obatan. Ini untuk mengatasi Pandemi agar segera terputus penyebarannya.

Sejauh ini, sambung Gus Firjaun, kesediaan vaksin sekitar 40-50 ribu dan sebentar lagi datang lagi, kalau datang langsung didistribusikan serta setiap kegiatan bukan hanya dari Dinkes juga melibatkan Kodim dan Polres, semua dalam rangka percepatan.

Gus Firjaun mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh dengan berita hoax soal vaksin.

“Kita mewajibkan, kalau pun tidak mau terserah akan tetapi risikonya ditanggung sendiri,” jlentrehnya.

baca juga :  Ratusan Pelajar SMAN 1 Pasirian Ikuti Vaksinasi Merdeka

Menurut Gus Firjaun, vaksinasi ini diikuti oleh para kiai serta para ulama, mereka menyebutkan bahwa vaksin ini halal sehingga tidak benar kalau ada isu dari bahan-bahan yang najis dan lain sebagainya.

“Itu tidak benar,” tegasnya.

Sementara Pengasuh PP. As-Sunniyah Al-Jauhari, Gus Ghonim Jauhari mengatakan, siswa yang didaftarkan 400-an. Kalau jumlah santri sekitar 5000 namun tidak mungkin bila divaksin dalam waktu bersamaan.

“Selain itu untuk menjaga agar tetap mematuhi Prokes, kemudian kalau dilangsungkan bersamaan kasihan tenaga kesehatan (Nakes).” tutur Gus Ghonim Jauhari. (jun)

baca juga :  Mendagri Deadline RAPBD 2020 Jember Harus Tuntas Maret
Reporter : Biro Jember

baca juga

Wujudkan Masyarakat Sehat dan Produktif, Babinsa Dawuhan Lor Pantau Vaksinasi Covid-19

Aziz Manna Memorandum

Wawali Armuji Tinjau Vaksinasi Massal Pedagang Pasar Kapasan

Aziz Manna Memorandum

Waspada Penyebaran Virus Corona, Pemkab Jember Perketat Lima Gerbang Masuk

Rakhmat Hidayat