Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kediri

Pemkot Kediri Pastikan Vaksin Moderna Aman

Kediri, memorandum.co.id – Sebanyak 1.176 dosis vaksin moderna yang diterima Pemkot Kediri mulai disuntikkan untuk masyarakat umum, Senin (23/8/2021), di RSUD Gambiran Kota Kediri. Pemberian vaksin moderna kepada masyarakat ini sudah dinyatakan aman oleh Pemerintah.

Namun untuk masyarakat umum, vaksin moderna hanya diberikan bagi yang belum pernah menerima vaksinasi Covid-19 sama sekali.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Fauzan Adhima melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Alfan Sugiyanto mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kabar bahwa vaksin moderna memiliki efek samping yang besar. Karena Pemerintah menjamin semua vaksin yang diberikan itu aman dan memiliki manfaatnya.

baca juga :  Hakim Cuti, Sidang Lanjutan Oknum ASN Pemkot Kediri Ditunda Lagi

“Untuk vaksin moderna ini Pemerintah jamin keamanannya dan semua vaksin yang diberikan memiliki manfaat. Jadi masyarakat tidak perlu pilih-pilih dan takut dalam menerima vaksinasi,” ungkap Alfan Sugiyanto, Senin (23/8).

Sambung Alfan Sugiyanto, mengenai efek samping dari vaksin moderna yang di rasakan itu semuanya normal. Pihaknya menjelaskan bahwa setiap vaksin memilik Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berbeda-beda.

“Yang perlu diketahui oleh masyarakat itu adalah semua jenis vaksin ada kejadian ikutan pasca imunisasinya. Dan semua memiliki KIPI yang berbeda-beda pastinya. KIPI yang dirasakan itu sangat normal jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” sambungnya

baca juga :  Fokopimda Kabupaten dan Kota Kediri Dampingi Kunker Menko Marves

Lebih lanjut Alfan menambahkan, untuk pemberian vaksin moderna dosis pertama ini dilakukan dengan 2 cara pendaftaran yaitu online dan offline. Untuk yang mendaftar melalui online vaksinasi dilakukan di RSUD Gambiran Kota Kediri. Lalu yang mendaftar melalui offline vaksinasi dilakukan di RS Muhammadiyah dan RSU Dhaha Husada.

“Untuk pelaksanaan pemberian vaksinasi moderna ini kita lakukan dengan 2 cara pendaftaran yaitu online dan offline. Untuk yang online mayarakat bisa mendaftar melalui link yang sudah disediakan. Untuk yang offline bisa mendaftar melalui masing-masing kelurahannya. Kita beri kuota 14 orang di setiap kelurahannya,” pungkas Alfan.

baca juga :  Wali Kota Kediri Terima Bantuan dari PCNU, Sahabat Baru Grup dan Bank Jatim

Sampai saat ini Pemkot Kediri terus melakukan percepatan vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Kediri. Selain vaksinasi jenis moderna yang diberikan, Pemkot Kediri juga memberikan vaksinasi kepada usia 12 sampai 17 tahun dengan jenis vaksin sinovac yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Kediri. Adapun pemberian vaksin dengan jenis astrazeneca yang dilaksanakan di RS Baptis Kota Kediri. Percepatan vaksinasi ini terus dikebut oleh Pemkot Kediri guna menghasilkan herd immunity yang baik di Kota Kediri. (Mis)

Reporter : Biro Kediri

baca juga

Warga Bangsal Kediri Rasakan Manfaat Program Padat Karya DLHKP

Aziz Manna Memorandum

Walikota Kediri Umumkan 2 Warga Positif Corona Sembuh

Aziz Manna Memorandum

Walikota Kediri Serahkan STBM Award dari Kemenkes

Aziz Manna Memorandum