Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Metropolitan

Pengembangan Desa Wisata Harus Pikirkan Dampak Negatif

Daniel Rohi

Surabaya, Memorandum.co.id – Mengembangkan desa wisata sangat penting  untuk memajukan pendapatan ekonomi masyarakat desa tersebut. Namun begitu, masyarakat  harus juga memikirkan dampak negatif yang akan ditimbulkan.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan  DPRD Jatim Daniel Rohi menyampaikan,  partisipasi masyarakat setempat dan para pengunjung akan sangat bermanfaat sekali untuk mendukung kemajuan desa wisata tersebut. “Penggelola desa wisata  perlu menjaga lingkungan agar tidak rusak, begitu berdiri lokasi wisata,” terang Daniel Rohi.


Ia menegaskan perlunya pemahaman masyarakat di sekitar lokasi wisata untuk menjaga kelestarian lingkungan. “Jangan sampai keberadaan wisata, malah mematikan kelestarian lingkungan. Kalau itu terjaid,maka celaka masyarakatnya,” terang dia.

baca juga :  FPKB Desak Perbaikan Pendataan Warga Terdampak Corona

Lanjut Daniel Rohi, masyarakat juga harus menyadari dan mengantisipasi mencegah beralihnya aset desa dan kepemilikan lahan masyarakat desa kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena jika dibiarkan, masyarakat lokal akan   tersisihkannya karena berkembangnya pendatang.

“Karena semakin majunya suatu daerah pastinya akan banyak pendatang baru ingin mengambil alih karena sudah melihat potensi yang besar dari desa tersebut,” aku dia.

Persoalan pertanian juga menjadi perhatian politisi yang maju dari dapil 6 Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu. Seperti kelangkaan pupuk yang selalu dikeluhkan petani. “Kelangkaan pupuk, menjadi persoalan setiap petani. Dan hingga kini belum ada solusi terbaik,” tegas dia.

baca juga :  Dukung Gubernur Jatim, Petrokimia Percepat Tanam Padi 6 Kabupaten

Keluhan petani di Malang raya juga terkait jebloknya harga produktifitas pertanian saat panen. “Sebab selama petani selalu dirugikan, karena jebloknya harga pertanian. Harusnya pemerintah mempunyai solusi terbaik untuk petani,” tegas Daniel Rohi. (day/udi)

baca juga

Wantimpres Minta Petrokimia Harus Optimalkan Pupuk Spesifik Lokasi 

Syaifuddin

Wakil Ketua DPRD Jatim : Jadwal Reses Ditambah Menjadi 8 Hari

Agus Supriyadi

Untuk Kelancaran Logistik, Pelayaran Perintis Tetap Diperbolehkan

Agus Supriyadi