Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Penyintas Covid-19 di Jember Ajak Donorkan Plasma Konvalesen

Rochyan Firmansyah (38), salah satu penyitas Covid-19

Jember, Memorandum.co.id – Rochyan Firmansyah (38) mengajak para penyintas Covid-19 agar tidak takut menjadi pendonor plasma konvalesen untuk sesama penderita Covid-19

Menurut pria asal Ajung ini, terapi plasma ini menjanjikan kesembuhan yang tinggi bagi pasien Covid-19. Sementara saat ini pihak rumah sakit dan palang merah Indonesia (PMI) kesulitan mencari pendonor dari para penyintas Covid-19.


“Saya mengajak saudara penyintas Covid-19, setelah diberikan kesembuhan dan kesehatan, sebagai wujud rasa syukur ke hadirat Yang Maha Kuasa karena diberikan kesembuhan dari Covid-19, bersedia menjadi pendonor plasma, plasma konvalesen sangat membantu mempercepat kesembuhan penderita Covid-19 dalam katagori berat,” kata Firmansyah melalui telepon selulernya, Selasa (12/1/2021).

baca juga :  HUT ke-75, PMI Jember Tak Kenal Lelah Berjuang untuk Kemanusiaan

Selain itu, bagi masyarakat yang belum pernah terpapar positif Covid-19 untuk selalu menjaga kesehatan dan imun dengan mematuhi imbauan pemerintah seperti menggunakan masker, sering cuci tangan dan jaga jarak menghindari kerumunan massa.

Firmansyah, yang sehari-hari bertugas sebagai perawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSD dr Soebandi Jember ini mengaku dirinya dan Istrinya pernah terpapar positif Covid-19 dan menjalani Isolasi di RIA (ruang isolasi anggrek) atas. Evaluasi ke-1 Swab tanggal 25 November hasil masih positif.

“Empat belas hari isolasi hasil swab masih positif, berlanjut isolasi di rumah 14 hari, kemudian tanggal 10 Desember Evaluasi Swab ke-2 hasil Negatif, dan langsung bisa bekerja kembali,” terang pria yang memiliki dua anak dari ibu seorang perawat yang berdinas Rumah Sakit Bina Sehat ini.

baca juga :  Pertahankan Zona Hijau Covid-19, Pemkab Jember Disiplinkan Tongkrongan dan Fasum

Hingga hari ini sudah ada 11 penyintas covid-19 yang sudah melakukan donor plasma konvalesen di PMI Jember. Dari 11 kantong tersebut, 10 katong di antaranya sudah diberikan kepada pasien covid-19.

Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki menjelaskan, sejak dilaunchingnya layanan donor plasma konvalesen oleh PMI Jember bersama RSD Soebandi tanggal 7 Januari lalu sudah ada beberapa penyintas covid-19 di Jember yang secara suka rela mendonorkan plasma konvalesen untuk terapi pasien covid-19.

Hingga senin siang, ada 11 penyintas covid-19 yang mendonorkan plasma. Namun saat ini sudah tersisa satu kantong dengan darah golongan A. Sementara 10 kantong diantaranya sudah diberikan kepada pasien covid-19. Tidak hanya di RS Jember, PMI Jember juga menerima permintaan dari rumah sakit se eks karisidenan Besuki, bahkan dari Surabaya dan Jakarta.

baca juga :  Lapas Jember Berikan Sembako kepada Pedagang di Seputar Alun-alun

Lebih lanjut Zaenal berharap penyintas covid-19 di Kabupaten Jember yang memenuhi syarat untuk mendonorkan plasma konvalesen, dapat segera mendaftarkan diri. Sebab, terapi plasma konvalesen cukup efektif untuk menyembuhkan pasien covid-19. (edy)

Reporter : Biro Jember

baca juga

TNI-Polri Bersama Satgas Covid-19 Jember Terus Bergerak Razia Jam Malam

Aziz Manna Memorandum

Tak Pakai Masker, Siap-Siap Dapat Hukuman Ini

Agus Supriyadi

Siaga Bencana Alam, PMI Jember Optimalkan Call Center

Agus Supriyadi