Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Tuban

Perayaan Imlek, Barongsai, dan Angpao Ditiadakan di Klenteng Kwan Sing Bio

Suasana persembahyangan di kelenteng.

Tuban, memorandum.co.id – Umat Khonghucu sembahyang di Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Jalan RE Martadinata, Tuban, untuk merayakan Imlek 2572, Jum’at, (12/02/2021).

Ketua Penilik Kelenteng Kwang Sing Bio Tuban Alim Sugiantoro mengatakan tahun baru Imlek segala perayaan barongsai dan bagi bagi angpao ditiadakan.


“Kami mengikuti aturan dari pemerintah, bagi bagi angpao sekarang kita ganti dengan bagi-bagi beras. Kami kasihkan langsung ke rumah rumah, biar masyarakat juga tetap di rumah saja,” terang Alim.

Tahun baru Imlek yang ke 2572 adalah shio kerbau logam. Artinya seekor kerbau dikatakan memiliki kepribadian yang jujur. Mengikuti kalender China tahun kerbau logam shio dicirikan oleh Yin atau Yang dan sebuah elemen.

baca juga :  Sederhana, Perayaan Imlek 2021 di Gresik dalam Masa Pandemi

“Pada shio Kerbau ini kita harus sama sama giat untuk menangkal Covid-19, dan taat dengan menggunakan 3M, yakni rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Kami berdoa agar bulan depan angka Covid-19 di Indonesia menurun dan aktivitas masyarakat dapat kembali normal,” ujar Alim Sugiantoro.

Sementara itu, Alim mengungkapkan kebahagiaan umat TITD Kwan Sing Bio Tuban ini sangat diperhatikan oleh pejabat pemerintah pusat hingga daerah, tokoh nasional, semua pemuda lintas agama termasuk pakar hukum, dan lain-lain.

baca juga :  Perayaan Imlek, Polisi Lakukan Pembinaan Pengurus TITD Sumbernaga

“Momen tahun baru Imlek ini semua pengurus saling mendoakan agar panjang umur dan terhindar dari segala cobaan,” bebernya.

Meskipun tidak ada perayaan suasana di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban di penuhi dengan lampion dan pernak pernik yang menghiasi berbagai sudut klenteng, di tahun ini dikenal dengan shio kerbau logam, pihak klenteng juga membuat patung shio kerbau logam. (cw1/har)

baca juga

Sederhana, Perayaan Imlek 2021 di Gresik dalam Masa Pandemi

Aziz Manna Memorandum

Perayaan Imlek, Polisi Lakukan Pembinaan Pengurus TITD Sumbernaga

Aziz Manna Memorandum

Perayaan Imlek Berlangsung Aman

Rakhmat Hidayat