Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Blitar

Peringati Hari Bumi, SMAN 1 Srengat Gelar Aksi Peduli Lingkungan

Kegiatan Hari Bumi se-Dunia yang dilakukan SMAN 1 Srengat.

Blitar. memorandum.co.id – Keluarga Besar SMA Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar memperingati Hari Bumi se-Dunia 2021. Momen penting ini menjadi ajang menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.

Rangkaian kegiatan telah dimulai sejak 8 April dan berakhir 29 April 2021 melibatkan para siswa ,guru , karyawan dan Komite.


Kepala SMAN 1 Srengat Sumino SPd, MPd, mengatakan tujuan memperingati Hari Bumi ini  untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu bumi. Namun, lebih dari itu, sebenarnya substansi perayaan Hari Bumi adalah bentuk apresiasi, kampanye, dan edukasi sosial pada masyarakat dalam memperbaiki kualitas hidup melalui seruan perbaikan kualitas lingkungan yang konsisten.

“Hari Bumi bisa dimaknai sebagai suatu gerakan memupuk kesadaran kolektif serta hasrat individual guna menjaga kelestarian lingkungan hidup. Tujuan akhir yang diharapkan terciptanya gerakan perubahan gaya hidup yang berbasis pada perbaikan kualitas lingkungan dan saya berharap ini menjadi momen kesadaran masyarakat tentang nilai – nilai kemanusiaan , ancaman yang di hadapi planet Bumi dan cara – cara untuk membantu melindungi lingkungan,” beber Sumino,Sabtu ( 1/5/2021).

baca juga :  Komunitas Earth and Human Gresik Peringati Hari Bumi dengan Bagikan Barang Ramah Lingkungan

Kegiatan memperingati Hari Bumi tersebut yakni pembelajaran pengolahan sampah organik menghasilkan gas metan sebagai energi terbarukan. Kegiatan ini mendatangkan instruktur dari petugas pengelola sampah wisata edukasi TPA Talang Agung ,Kepanjen, Malang. Tujuannya ini untuk mengedukasi siswa , guru dan karyawan serta komite SMAN 1 Srengat agar bisa dipraktikkan di lingkungan sekolah dan rumah. Agar limbah dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan juga menjaga lingkungan tetap bersih, sehat dan nyaman.

Kegiatan selanjutnya penanaman sayur ,buah,toga,tanaman hias dan pohon lindung yang di dilakukan dilingkungan sekolah. Dengan menggunakan lahan kosong di samping tempat ruang kelas dapat disulap menjadi tempat yang bermanfaat. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat buat siswa sebagai sarana edukasi untuk belajar merawat dan mencintai tanaman dan menyukai sayuran.

baca juga :  Komunitas Earth and Human Gresik Peringati Hari Bumi dengan Bagikan Barang Ramah Lingkungan

Kegiatan berlanjut para siswa ,guru dan karyawan serta komite SMAN 1 Srengat menggelar kampanye melestarikan lingkungan di SDN Bagelenan 2 dengan sasaran murid ,guru dan karyawan dengan materi tentang mengelola sampah , pengurangan penggunaan plastik dan mengelola air untuk menjaga kehidupan.

Selain melakukan kampanye , tim dari SMAN 1 Srengat juga memberikan bantuan seperangkat tempat sampah terpilah serta memasang plamflet di tempat terbuka.

Hal yang sama juga dilakukan di Kantor Desa Bagelenan dengan di hadiri sebanyak 25 orang ibu rumah tangga. Materi kampanye tentang pentingnya merawat lingkungan. Menjaga kelestarian lingkungan dapat di mulai dari rumah salah satunya menggunakan air seperlunya agar pasokan air dapat terus mengalir begitu juga penggunaan listrik secukupnya.

Dalam Kampanye itu Tim SMAN 1 Srengat juga melakukan memasang pamflet ,memberikan bantuan seperangkat tempat sampah terpilah. sembako untuk meringankan beban di masa pandemi  saat Ramadan.

baca juga :  Komunitas Earth and Human Gresik Peringati Hari Bumi dengan Bagikan Barang Ramah Lingkungan

Terakhir kegiatan kampanye dilanjutkan ke masjid Bagelenan dengan memasang pamplet-pamflet beriskan iimbauan , ajakan menghemat air dan energi (listrik)dan berakhir di daerah aliran sungai Desa Bagelenan. Tim SMAN 1 Srengat melakukan pemasangan Bener berisi ajakan tidak membuang sampah ke sungai untuk menjaga kelestarian ekosistem air.

Hamdan Ali Wafa , Ketua OSIS SMAN 1 Srengat mengatakan seluruh kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bumi  ini sangat postif. Tidak hanya sebagai edukasi para siswa, guru dan karyawan serta komite akan tetapi kita bisa mengajak semua lapisan masyarakat tanpa kecuali untuk bersama -sama menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“ Saya berharap kegiatan ini bisa menyadarkan kita semua merubah prilaku hidup bersih dan sehat dengan cara memperbaiki kualitas lingkungan,” jelas Hamdan Ali Wafa .(nus)

baca juga

Komunitas Earth and Human Gresik Peringati Hari Bumi dengan Bagikan Barang Ramah Lingkungan

Ferry Ardi Setiawan