Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Peringati Muharram dan Hari Lahir, PMI Jember Beri Santunan Anak Yatim Korban Covid-19

Ketua PMI Cabang Jember menyalurkan bantuan langsung pada anak yatim piatu

Jember, Memorandum.co.id – PMI Kabupaten Jember menggelar rangkaian aksi kemanusiaan berupa santunan kepada anak yatim di sejumlah titik yang berbeda. Termasuk anak yatim dari orang tua yang meninggal akibat terpapar Covid-19.

Harapan PMI, santunan yang dibagikan bisa menjadi motivasi bagi anak yatim untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang sudah berjalan satu tahun lebih. Para anak yatim harus tetap dibina dan disiapkan menjadi generasi terbaik bangsa Indonesia. Penyerahan santunan dipimpin langsung Ketua PMI Kabupaten Jember, H EA Zaenal Marzuki pada 6 dan 7 September 2021.


Penyerahan pertama dilakukan di Nasjid At Taufiq Desa Grenden, Kecamatan Puger, Senin (6/9), bersamaan dengan kegiatan donor darah. Donor darah sudah rutin dilaksanakan dua atau tiga bulan sekali di Masjid At Taufiq Grenden.

baca juga :  PMI Jember Kukuhkan Kampung Donor Darah Siaga

“Dalam rangka memeringati bulan Muharam 1443 H dan Hari Lahirnya PMI, kami PMI Kabupaten Jember terus berbuat untuk kemanusiaan,” kata H EA Zaenal Marzuki, Selasa (7/9/2021).

Dia menjelaskan, di tengah pandemi Covid19 ini PMI sudah aktif melakukan berbagai upaya pencegahan, penanganan sampai ikut pemakaman korban Covid-19.

“Tema Hari Ulang Tahun PMI tahun ini adalah Bergerak Bersama Untuk Sesama. PMI telah membantu pemerintah dalam menangani pademi Covid-19, mulai dari membagi masker, sosiaisasi, penyemprotan disinfektan, memproduksi plasma konvalesen sampai sampai pemakaman dan kegiatan lain yang bisa dilakukan PMI,” imbuhnya.

baca juga :  Butuh Darah, Keluarga Pasien Bisa Langsung Datang ke UDD PMI Jember

Dalam HUT ke-76 PMI ini, PMI juga memberikan santunan kepada 100 anak yatim piatu.

“Kami menambahkan dengan memberikan santunan kepada 100 anak yatim piatu, di luar bencana alam ada korban bencana non alam pandemi Covid-19. Ini bukan sekadar memberikan rezeki tetapi kita punya tanggung jawab untuk membina dan menyiapkan mereka untuk menjadi generasi yang tangguh,” imbuhnya.

H. Kholik, Ketua Takmir Masjid At Taufiq Desa Grenden, Kecamatan Puger menyatakan, tiap dua atau tiga bulan sekali diadakan donor darah bersama UDD PMI Kabupaten Jember.

“Di Masjid At Taufik ini setiap dua atau tiga bulan sekali mengadakan donor darah. Kami juga adakan aksi kemanusiaan untuk ikut membantu orang sakit, ketersediaan darah bisa tercukupi. Masyarakat juga senang dengan aksi kemanusiaan yang diadakan PMI Kabupaten Jember dengan pemberian santunan anak yatim seperti ini,” kata H. Kholik.

baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, PMI Jember Semprotkan Disinfektan di Lapas

Sementara itu, aksi kemanusiaan pembagian santunan kepada anak yatim diteruskan Selasa (7/9). Penyerahan santunan dilakukan di Balai Desa Pondok Joyo, Kecamatan Semboro, pukul 10.00. Kemudian di Dusun Pondok Jeruk, Desa Wringin Agung, Kecamatan Jombang, pukul 12.00 wib serta di Yayasan An-najah Kecamatan Tanggul pukul 15.00. (edy)

Reporter : Biro Jember

baca juga

Wabah Covid-19 Bukan Penghalang Donor Darah

Aziz Manna Memorandum

Siaga Bencana Alam, PMI Jember Optimalkan Call Center

Agus Supriyadi

Relawan PMI Jember Sasar Ponpes dan Tempat Keramaian Jadi Target Penyemprotan Disinfektan

Aziz Manna Memorandum