Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Perkokoh Kemitraan dengan Ulama, Kapolres Bangkalan Anjangsana ke Ponpes Al-Hikam dan Nurul Hikmah

Suasana ketika Kapolres AKBP Didik Hariyanto sowan ke Ponpes Al-Hikam (atas) dan Ponpes Nurul Hikmah di Kecamatan Burneh.

Bangkalan, Memorandum.co.id – Kiat Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto untuk memperkokoh kemitraan dengan tokoh agama, khususnya kiai dan ulama, terus digalang dari waktu ke waktu. Kali ini, Pamen Polri asal Bojonegoro, ini sowan ke Ponpes Al-Hikam di Kelurahan Tunjung dan Ponpes Nurul Hikmah di Desa Langkap di Kecamatan Burneh.

“Alhamdulillah, niat tulus untuk bersilaturahmi dengan dua ponpes besar di Kecamatan Burneh, Minggu (6/12) kemarin, itu disambut dengan familiar. Penuh kekerabatan,” komentar AKBP Didik Hariyanto, Senin (7/12) pagi tadi.


Didampingi Kapolsek Burneh Iptu Eko Siswanto dan Kasatbinmas Iptu Suyitno, anjangsana Kapolres ke Ponpes Al-Hikam disambut langsung oleh Pimpinan dan Ponpes Drs KH Nuruddin A Rahman,SH. Juga beberapa ustadz dan guru di lingkup ponpes yang kian eksis mengembangkan pendidikan formal itu.

baca juga :  Kawal Kamtibmas dan Prokes, Mobil Tangguh Polsek Tanjung Bumi Rajin Patroli Malam

“Berikutnya, ketika sowan ke Ponpes Nurul Himah, kami juga diterima oleh pimpinan dan pengelola Ponpes KH Bustomi Arisandi,SH,” tandas AKBP Didik, sapaan akrab Kapolres.

Menurut Didik, tidak ada maksud lain di balik kunjungan ke dua ponpes paling berpengaruh dengan ratusan santri di Kecamatan Burneh itu, kecuali untuk bersilaturahmi.

Selain itu, sebagai pejabat baru yang belum genap sebulan ngantor di Mapolres Bangkalan, secara etika memang harus kulo nuwun kepada toga (tokoh agama) dan tomas (tokoh masyarakat).

baca juga :  Polsek Tanjung Bumi Geber Aktifitas Kampung Tangguh Desa Paseseh

Terutama kepada para kiai dan ulama besar pengasuh ponpes, rutinitas jalinan silaturahmi, menurut Didik, harus tetap dijaga dan dipelihara dari waktu ke waktu. Terlebih di kabupaten berjuluk Kota Dzikir dan Sholawat ini, sosok kiai dan ulama, merupakan figur tokoh yang sangat dihormati oleh mayoritas warga Bangkalan. ”Juga dijadikan sandaran suri tauladan umat di daerah yang sangat agamis ini,” tandas Didik.

Lebih dari itu, polres dan 17 polsek jajaran sebagai pemegang amanah pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, merasa sangat berkepentingan untuk saling bergandengan tangan dengan para kiai dan ulama pengasuh ponpes, guna bersama mengawal kamtibmas dan kondusifitas daerah.

baca juga :  Perkokoh Kemitraan via Ajang Ngopi Bareng

”Alhamdulillah, baik KH Nuruddin maupun KH Bustomi, sangat responsif untuk menjaga dan mengawal kamtibmas bersama,” pungkas AKBP Didik Hariyanto.(ras).

Reporter : Biro Madura

baca juga

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Supriyadi

Wakapolres Bangga dengan Perkembangan Pencak Silat di Bangkalan

Ferry Ardi Setiawan

Viral di Medsos, Edukasi Protokol Kesehatan Ala Akting Brigpol Vicky Hartinanda Muin

Ferry Ardi Setiawan