Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Perkokoh Kemitraan via Ajang Ngopi Bareng


Polres Bangkalan mengundang para wartawan untuk membahas kamtibmas dan kondisi di Bangkalan.

Bangkalan, Memorandum.co.id – Berbagai upaya dikembangkan Bagian Humas Polres Bangkalan untuk memperkokoh kemitraan dengan insan pers yang tergabung dalam beberapa wadah organisasi jurnalistik. Di antaranya, melalui Kasubbag Humas AKP M Bahrudi, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK MSi MH, rutin mengajak sekitar 40 lebih insan pers ngumpul, ngopi dan ngerumpi bareng secara mendadak.

“Tidak ada patokan waktu yang kami program secara resmi. Pertemuan rutin dengan rekan-rekan wartawan selalu dirancang dadakan. Juga tak pilih-pilih tempat, ” kata Kasubbag Humas AKP M Bahrudi, Jumat (20/3).

Tegasnya, asalkan komunitas wartawanberkumpul di mapolres, saat itulah momentum untuk ngopi dan ngerumpi bareng dirancang berdasar kesepakatan. Lokasinya ngumpulnya kadang di gasebo halaman sisi utara mapolres. Juga tak jarang di ruang bagian humas atau di ruang gedung serba guna.

Namun, sesekali, atas inisiatif Kapolres AKBP Rama Samtama Putra, rekan-rekan wartawan diajak ke rumah makan. Di antaranya, pernah diajak ke rumah makan Bebek Sinjai, Ole-Olang, Tera’ Bulan dan lainnya. Tak ada kegiatan protokoler resmi. Materi untuk bahan negerumpi bareng, muncul, berkembang dan mengalir
Di sini, Rama, sapaan akrab Kapolres, biasanya ikut terlibat langsung dalam ajang kumpul-kumpul bareng itu. Juga wakapolres, para kabag, kasat dan kasubbag juga ikut nimbrung.

Materi untuk bahan negerumpi, menurut Bahrudi, juga muncul, berkembang dan mengalir begitu saja. Umumnya berkait dengan soal kamtibmas dan kondisi daerah. Juga seputar perkembangan crime seperti curat, curas, begal dan peredaran narkoba.

Kasubbag Humas AKP M Bahrudi, saat itu kembali menegaskan bahwa polres selalu memposisikan wartawan dalam kesetaraan yang sama. Tidak ada perbedaan. Juga pilih kasih. Penegasan ini penting diunggah berulang-kali. Sebab sekitar 40 lebih insan pers mitra Polres, meski satu profesi, namun mereka tersebar dan bernaung di bawah beberapa organisasi berbeda.

Di antaranya, ada komunitas wartawan yang tergabung dalam wadah PWI, KWB, AJIB, Wartatama dan KJB. Mereka juga meniti karier dalam lingkup media mainstream yang berbeda. Ada wartawan media cetak, televisi, radio dan media online.

” Nah, bagi kami (Polres Bangkalan, red), mereka semua kami posisikan dalam takaran yang sama. Tidak dibeda-bedakan. Apa lagi pilih-kasih,” tandas Bahrudi.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra menambahkan di balik rutinitas momentum ngumpul, ngopi dan ngerumpi bareng dadakan ala Polres Bangkalan, tersirat beberapa hikmah dan azas menfaat yang bisa dipetik.

”Di antaranya, ini yang paling penting, bangunanan kemitraan kerja antara polres dengan insan pers jadi semakin kokoh, solid, guyub dan harmonis,” jelas Rama. (ras/fer/gus)

baca juga

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus memorandum

Tim Labfor Polda Ungkap Penyebab Korsleting RSUD Syamrabu

Aris Setyoadji

Tim Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan Bersihkan Balai Diklat BKPSDA

Agus memorandum