Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lamongan

Permudah Adminduk, Dispendukcapil Lamongan Tambah Tiga Mesin ADM

Mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM) yang disebar di tiga kecamatan.

Lamongan, memorandum.co.id – Untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan surat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Lamongan menambah tiga unit mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM).

Kepala Dispendukcapil Lamongan Sugeng Widodo mengatakan, penambahan tiga mesin ADM tersebut guna mempermudah dan mempercepat proses pengurusan dokumen administrasi kependudukan (adminduk), seperti KTP elektronik, akta kelahiran, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), dan akta kematian.


“Supaya lebih gampang masyarakat urus administrasi kependudukan, tidak mengenal waktu, bisa sesempat-sempatnya mengurus Adminduk, dia daftar online, dapat login, dan notifikasi dan bisa cetak sendiri di ADM itu,” kata Sugeng, Minggu (7/2/2021).

Ketiga mesin ADM tersebut, lanjut Sugeng, diletakkan di tiga lokasi berbeda, untuk menjangkau masyarakat yang berdomisili jauh dari kota.

“Tiga mesin yang baru kita pasang di Kecamatan Paciran, Babat, dan Ngimbang,” tutur Sugeng.

Hanya saja, masih Sugeng, ketiga mesin ADM di tiga kecamatan tersebut belum bisa dioperasionalkan, karena masih dalam proses pemasangan.

“Sekarang proses meng-install. Sebenarnya saya ingin di awal Januari sudah bisa digunakan, tapi ternyata belum selesai,” ujarnya.

Lebih lanjut Sugeng manambahkan, proses penginstalan mesin ADM tersebut ditargetkan selesai bulan ini, agar masyarakat segera merasakan kemudahan dalam mengurus adminduk.

“Targetnya Maret sudah dioperasionalkan,” terangnya. (tri/har/fer)

Reporter : Biro Pantura