Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jatim

Pertani HKTI Jatim dan UMKM Nusantara Saling Sinergi Berdayakan Kaum Perempuan

Pertani HKTI Jatim bersama UMKM Nusantara  menghadiri Inapro Expo 2021 di Grand City Surabaya.

Surabaya, memorandum.co.id – Setelah sebelumnya sinergi melakukan kegiatan tanam talas beneng dan pameran produk lokal di Lamongan beberapa waktu lalu, kini Perempuan Tani (Pertani) HKTI Jatim bersama UMKM Nusantara, intens mengikuti pameran UMKM di dua titik sekaligus yaitu, di Inapro Expo 2021 Grand City dan Women Expo Royal Plaza Surabaya.


Dalam perhelatan Women Expo, Ketua UMKM Nusantara Reni Setiawati menyampaikan bahwa peran perempuan sangat penting sebagai motor penggerak UMKM.

“Sangat diperlukan penggerak atau motor untuk para pegiat UMKM, khususnya dari perempuan. Karena pemberdayaan perempuan diperlukan agar lebih produktif. Selain itu, diperlukan support aksi nyata untuk membantu pemasaran serta inovasi inovasi produk, sehingga mampu bersaing di pasar internasional. Maka dari itu, benar benar diperlukan pendampingan dan kurasi UMKM di berbagai daerah,” urai dia, Kamis (2/12/2021).

Senada dengannya, ketua Pertani HKTI Jatim Ning Lia Istifhama menjelaskan, dirinya optimis bermunculan motor penggerak UMKM atau potensi lokal adalah dari aktivis perempuan. Karena mayoritas pelaku UMKM adalah perempuan.

“Banyak perempuan hebat yang benar-benar terjun nyata dalam penguatan UMKM di daerahnya. Sebagai contoh Bu Reny Ketua UMKM Nusantara dari Lamongan. Beliau bersama kawan-kawannya berhasil menampilkan peran nyata penguatan UMKM, terutama produk lokal UMKM Lamongan. Sumbangsih beliau menginspirasi saya menyebut Lamongan sebagai Jamila, yaitu Jaringan UMKM Megilan,” terang doktor ekonomi Islam  dari UINSA.


Tak tanggung-tanggung, aktivis yang sebelumnya masuk sebagai 22 Tokoh Muda Inspiratif Jatim versi Forum Jurnalis Nahdliyyin pada 2020 lalu, membuatkan pantun untuk UMKM Lamongan. “Dari batik, tenun, porang, sorgum, hingga jamu. Tak ragu lagi, Lamongan, aku padamu,” cetus Ning Lia.

Sebagai Ketua Pertani HKTI Jatim, Ning Lia juga mengapresiasi partisipasi Pertani HKTI di daerah. Di antaranya Kabupaten Jember yang diketuai oleh Eka Purwati dan Kabupaten Probolinggo yang diketuai Mirrah Samiyah.

“Alhamdulillah, setidaknya, UMKM binaan Pertani HKTI di daerah, diantaranya Jember dan Probolinggo, memiliki puluhan binaan UMKM. Mereka bukan hanya aktif mengikuti pameran di daerahnya, melainkan juga memiliki katalog UMKM. Semangat mereka inilah, perwujudan nyata bahwa spirit dari daerah merupakan penopang penguatan ketahanan ekonomi regional, bahkan nasional,” tuntasnya. (mg3)

Reporter : Alif Bintang

baca juga

Usai Gaungkan CANTIK, Ketua Pertani HKTI Jatim Wujudkan Hasil Pertanian Berkarakter SUBUR

Ferry Ardi Setiawan

Peduli Kebangkitan Ekonomi Umat, Komisi PEU MUI Jatim Gelar FGD

Syaifuddin

Mendikbud dan Pemprov Jatim Sefrekuensi soal PTM,  Potret Peduli Pendidikan

Syaifuddin