Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Blitar

Petugas Gabungan Sasar Kafe di Kota Blitar

Petugas Polres Blitar Kota mengamankan pelanggar prokes di kafe dan tempat umum lain di Kota Blitar.

Blitar, memorandum.co.id – Petugas gabungan Operasi Yustisi Covid-19, yaitu Polres Blitar Kota, Kodim 0808, dan Satpol PP Kota Blitar sasar tujuh kafe serta Alun-Alun Kota Blitar.


Operasi yustisi gabungan yang melibatkan total 32 personel tersebut adalah kegiatan dalam rangka tindaklanjut Inpres RI nomor 6 tahun 2020, penegakan Pergub Jatim nomor 53 tahun 2020 dan penegakan Perwali Kota Blitar nomor 47 tahun 2020 dalam upaya mencegah, menekan dan memutus rantai penyebaran penularan Covid-19. Kegiatan dipimpin padal Kanitdikyasa Ipda Syamsul Anwar.


Ipda Syamsul Anwar menjelaskan, terdapat 20 pelanggaran dengan sanksi peringatan tertulis dari empat kafe.

baca juga :  Kapolres Blitar Kota Imbau Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

“Pengunjung membawa masker tetapi tidak dipakai atau tidak dipakai dengan benar sehingga kami berikan teguran tertulis. Satgas juga memberikan edukasi kepada pengunjung terkait protokol kesehatan, pemakaian masker yang benar dan  berapa maksimal pemakaian masker saat dipakai,”ujarnya.

Polres Blitar Kota telah mencatat total 4.480 pelanggaran dalam Operasi Yustisi Gabungan Covid-19 pada periode 14 September hingga 14 Oktober 2020.

Dalam kurun waktu sebulan terakhir, satgas telah menarik denda dari tindak pidana ringan dengan nominal Rp 4.755.000 dari 498 kasus. Sementara itu, sanksi tertulis sejumlah 3.840 kasus, sita KTP 124 kasus, dan sanksi sosial 18 kasus.

baca juga :  Kapolres Blitar Kota Launching Kelompok Tani Kampung Tangguh

Kasubbag Humas Polres Blitar kota Iptu Ahmad Rochan, menjelaskan bahwa saat ini tren pelanggaran telah menurun.

“Ini berarti masyarakat sudah mulai disiplin protokol kesehatan, terbukti kasus pelanggaran yang ditemukan saat operasi semakin mengecil angkanya,”ujarnya. (pra/fer)

 

Reporter : Biro Blitar

baca juga

Video : Wajib Pakai Pelindung Wajah di Kecamatan Tambaksari

Aris Setyoadji

Tingkatkan Kesehatan Anggota, Kapolres Blitar Kota Berbagi Vitamin

Aziz Manna Memorandum

Tindaklanjuti Inpres Nomor 6/2020, Polwan Tulungagung Blusukan ke Pasar

Ferry Ardi Setiawan