Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Hukum Kriminal

Pidsus Kejari Tanjung Perak Ringkus Buron Terpidana Kepabeanan

Hasan Nur Effendi diperiksa kesehatan sebelum dititipkan di Cabang Rutan Kelas I Surabaya di Kejati Jatim.

Surabaya, memorandum.co.id  – Tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tanjung Perak meringkus Hasan Nur Effendi alias Pendi, terpidana kasus kepabeanan, di rumahnya, Desa Kedung Rukem, Kecamatan Benjeng, Gresik, Selasa (17/11/2020) malam.


Dengan dipimpin Kasi Pidsus Mochamad Ali Rizza, tim langsung bergerak ke rumah terpidana yang sebelumnya mendapatkan informasi sekitar pukul 16.00.


“Benar, hari ini kami melakukan eksekusi terhadap terpidana Hasan Nur Effendi, berdasarkan putusan MA No: 630/ Pid.Sus/ 2013, tanggal 7 September 2015, atas kasus Kepabeanan,” ucap Mochamad Ali Rizza mendampingi Kasi Intelijen Erick Ludfyansyah.

baca juga :  Pandemi Covid-19, Perkara di Kejari Tanjung Perak Menurun

Rizza menambahkan, dalam putusan tersebut, terpidana dijatuhi hukuman penjara selama 3 tahun dan 6 bulan dan denda Rp 200 juta subsidiair 6 bulan kurungan.

” Usai kami lakukan penangkapan, terpidana kami bawa langsung menuju Kejaksaan Tinggi Jatim untuk rapid test kemudian terpidana dititipkan di Cabang Rutan Kelas I Surabaya di Kejaksaan Tinggi Jatim,” pungkas Rizza.

Untuk diketahui, dalam proses penangkapan terpidana, tim pidsus Kejari Tanjung Perak Surabaya didampingi petugas dari Polsek Bubutan.

Selanjutnya, sesampainya di Desa Kedung Rukem, tim langsung menemui kepala desa dan ketua RT. Kemudian bersama ketua RT, menuju ke rumah terpidana.

baca juga :  Korupsi Jasmas 2016, Sugito Bayar Denda Rp 50 Juta

Tim Pidsus sempat menunggu selama 15 menit, saat di rumah terpidana. Menurut pengakuan istri terpidana, Hasan Nur Effendi sedang berada di luar rumah.

Tak percaya begitu saja, tim Pidsus kemudian memeriksa di dalam rumah dan mendapati terpidana bersembunyi di lantai 2 . (mg-5/fer)

baca juga

Tiga Tersangka Kembali Mangkir, Jemput Paksa Upaya Terakhir Kejaksaan

Aris Setyoadji

Tiga Dewan Kembali Mangkir

Syaifuddin

Terima 2 SPDP Pulang Paksa Pasien Covid-19, Kasi Pidum Akan Sidangkan Sendiri

Aris Setyoadji