Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

Pilihan Favorit, FISIP UB Terima 1.161 Maba

Mahasiswa baru mengikuti PKKMB secara daring.

Malang, memorandum.co.id – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) menjadi salah satu dari tiga fakultas yang paling banyak diminati calon mahasiswa baru (maba).
Dari 28 ribu yang mendaftar pada tahun ajaran 2020/2021 ini, hanya 1.161 mahasiswa baru yang diterima FISIP UB.


“Ini menunjukkan betapa sulitnya masuk di FISIP UB. Berbahagialah mahasiswa yang diterima,” ujar Dekan Fisip UB, Sholih Mu’adi ketika membuka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Senin (21/9/2020).


Pada masa pandemi ini, PKKMB dilaksanakan secara daring pada Senin dan Selasa (21-22/9/2020). “Saya menganggap, mahasiswa baru merupakan orang-orang terpilih yang harus meningkatkan prestasi sebagai mahasiswa, meskipun perkuliahan berlangsung secara daring. Prestasi mahasiswa harus tetap seperti ketika perkuliahan berlangsung secara luring atau offline,” tambahnya.

baca juga :  Berawal Cangkrukan, Doktor Mengabdi FPIK-UB Sukses

Sholih berharap pelaksanaan PKKMB ini bisa berjalan dengan tertib dan baik, karena salah satu persyaratan ujian skripsi harus mempunyai sertifikat kelulusan PKK-Maba. Dia juga meminta agar mahasiswa bisa kuliah dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat selesai tepat waktu.

Sementara itu, Rektor UB Nuhfil Hanani mengatakan, jika selama PKKMB, para mahasiswa baru ini diberikan beberapa materi. Salah satunya yakni dengan mengisi konten youtube. Kemudian, untuk memantau para mahasiswa, maka panitia akan dibagi beberapa klaster yang ditugaskan untuk mengabsensi para mahasiswa.

baca juga :  Mahasiswa UB Ubah Kemangi Jadi Obat Kanker Mulut

“Karena mahasiswa itu kadang kan curang, kamera dinonaktifkan dan nggak tahu kan mau ngapain, maka kami bentuk klaster untuk memantau absensi mahasiswa, jadi semua harus on,” tegasnya.

Sedangkan untuk tugas lain sudah disiapkan konten yang harus dikerjakan sesuai klaster. “Seperti ada pidato dekan, intinya apa terus dicatat, mereka harus terlibat dengan proses PKMB, jadi masing-masing klaster bertanggung jawab untuk mengabsen mahasiswa,” tandasnya. (lis/ari/fer)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama dengan UB dan UMM

Syaifuddin

Universitas Brawijaya Menangkan Hibah Riset Covid-19 UKRI

Ferry Ardi Setiawan

UB Larang Interaksi Verbal saat PKKMB 2020

Agus Supriyadi