Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Gresik

Pipa PDAM Bocor di Simpang Empat GNI Gresik

Kebocoran pipa air PDAM Giri Tirta yang meluber ke jalan raya.

Gresik, memorandum.co.id – Pipa milik PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik mengalami kebocoran.

Akibat bocornya pipa PDAM itu, menyebabkan sumber air cukup besar keluar dari celah aspal yang ditutup dengan cor-coran tepat di Simpang 4 GNI, Minggu (9/8/2020). Imbasnya, jalan menuju  area Permakaman Sunan Maulana Malik Ibrahim tergenang.

Direktur Utama PDAM Giri Tirta Siti Aminatuz Zariyah membenarkan telah terjadi kebocoran pipa. Kebocoran tersebut dipicu adanya proyek ducting senilai Rp 2,5 miliar yang dilaksanakan di sana. “Iya, kena garuk proyek yang ada di depan GNI,” bebernya.

baca juga :  Pipa Induk PDAM Bocor, Sepekan Warga Wiyung Kesulitan Air Bersih

Terkait kebocoran tersebut, pihaknya sekarang dalam proses perbaikan. Dari pantauan di lapangan, sejumlah petugas dan alat berat terparkir di sekitar tempat kebocoran dan sudah mulai pengerjaan.

Ia menjanjikan rekondisi pipa segera diselesaikan. Agar suplai air kepada masyarakat tidak terganggu. “Hari ini sudah harus selesai”, pungkasnya.

Untuk pelaksanaan rekondisi pipa yang bocor, Riza sapaan akrab Dirut PDAM Giri Tirta menuturkan, dilakukan oleh pihak PDAM. Dan sudah mulai berlangsung.

Hal itu mendapat respons dari Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Gresik Abdullah Hamdi. Menurutnya, masalah rekondisi seharusnya menjadi tanggung jawab rekanan proyek. PDAM tidak berhak memperbaiki kebocoran pipa itu.

baca juga :  Pipa Bocor, PDAM Kota Malang Percepat Normalisasi Distribusi

“Sebab segala hal yang terdampak proyek sudah masuk dalam anggaran proyek tersebut,” tandasnya.

Permasalahan ini bisa dikatakan klasik, karena kerap kali terjadi. Dan ke depan pemetaan terkait keberadaan pipa harus diperjelas.(and/har/fer)

Reporter : Biro Pantura

baca juga

Pipa PDAM Lidah Kulon Bocor, Warga Kelabakan

Syaifuddin

Pipa Induk PDAM Bocor, Sepekan Warga Wiyung Kesulitan Air Bersih

Aziz Manna Memorandum

Pipa Bocor, PDAM Kota Malang Percepat Normalisasi Distribusi

Agus Supriyadi