Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Gresik

Pj Sekda Gresik Dikabarkan Positif, Dinkes Tegaskan Hasil TCM Negatif

Kadinkes Gresik drg Saifudin Ghozali

Gresik, memorandum.co.id – Beredarnya kabar  Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Gresik Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno positif Covid-19. Kabar itu juga sampai di lingkungan kantor pemkab.

Salah seorang narasumber memorandum.co.id yang tidak ingin disebut namanya juga mengiyakan adanya kabar jika Pj Sekda itu terkonfirm Covid-19. “Saya dengar di grup seperti itu,” terang salah seorang yang bekerja di lingkungan pemkab tersebut.


Namun saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik drg Saifudin Ghozali mengatakan, hasil tes cepat molekuler (TCM) menunjukkan Abimanyu dinyatakan negatif.

TCM sendiri merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang digunakan pemerintah untuk mendeteksi adanya virus SARS-CoV-2 di tubuh. Metode ini menggunakan pemeriksaan dahak sebagai alat sampel. Hasil tes ini terbilang cepat, bisa diketahui kurang lebih dua jam.

Menurut Ghozali untuk akurasi TCM sangat tinggi. Namun untuk lebih pastinya pihak dinkes telah melakukan pemeriksaan PCR test kepada Abimanyu.

“Untuk lebih pastinya kita tunggu hasil PCR test, pagi tadi baru kita lakukan pemeriksaan di RSUD Ibnu Sina, Insya Allah besok pagi hasilnya sudah keluar,” terangnya, Rabu (6/1/2020).

Berbeda dengan TCM yang menggunakan sampel dahak dan dapat diketahui hasilnya lebih cepat. Pemeriksaan PCR merupakan jenis pemeriksaan untuk mendeteksi Covid-19 dengan sampel lendir baik dari hidung maupun tenggorokan. Untuk mengetahui hasilnya juga membutuhkan waktu lebih lama. (han/har/fer)

Reporter : Biro Pantura