Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

PKM Unesa Ajari Warga Bangsal Mojokerto Bikin Wedang Herbal Anti Covid-19

Tim PKM Unesa saat bersama warga Bangsal Mojokerto

Surabaya, memorandum.co.id – Para mahasiswa dan dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang tergabung dalam tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) menelurkan kreasi menarik di tengah pandemi Covid-19. Yakni, wedang herbal USS instan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.


Hasil kreasi ini kemudian diajarkan melalui program pelatihan kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh warga RT 11/RW 2 Desa Gayam, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto.


Ketua PKM Unesa, Drs. Suprayitno, M.Si dalam rilisnya kepada memorandum.co.id, Selasa (29/9/2020) membeberkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah Republik Indonesia terkait Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 11 tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Dalam Keppres tersebut Presiden menetapkan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai jenis penyakit yang menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

baca juga :  PKM Unesa Produksi Herbal JSR untuk Cegah Covid-19

“Selain itu, untuk percepatan penanganan Covid-19 yang sedang mewabah di Negara Indonesia terutama daerah Jawa Timur,” ujarnya.

Lebih lanjut Suprayitno membeberkan jika kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan pada masyarakat akan manfaat mengkonsumsi wedang herbal USS yang berbahan alami yang merupakan kekayaan alam di Indonesia dan salah satu kearifan lokal yang perlu dipertahankan.

“Kegiatan telah dilaksanakan pada 29 Agustus 2020 bertempat di rumah Bapak Julianto selaku anggota PKM. Pelaksanaan kegiatan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga pelaksanaan kegiatan aman dan nyaman,” sambung Suprayitno.

baca juga :  Tim PKM Unesa Gelar Pelatihan Membuat Jamu Herbal Instan Tradisional

Dalam pelatihan ini, tim PKM Unesa menerapkan beberapa tahap yakni pertama penyajian presentasi oleh tim PKM terkait materi wedang herbal USS instan mengenai bahan, cara membuat, dan khasiat sehingga masyarakat paham akan khasiat dan pembuatannya dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar warga.

Kedua, kegiatan tanya jawab, untuk kegiatan ini bertujuan mengakomodasi pertanyaan yang muncul dari masyarakat terkait wedang herbal USS instan.

Ketiga, pemberian paket wedang herbal USS instan yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan imunitas tubuh sebagai upaya pencegahan penularan covid-19.

baca juga :  PKM Unesa Produksi dan Sumbang Hazmat ke Sejumlah Rumah Sakit

Salah satu peserta pelatihan, Asiyah mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan dan dirinya mengaku mendapat banyak manfaat.

“Kegiatan PKM ini sangat bermanfaat bagi kami warga Desa Gayam,” ujar Asiyah.(gus)

Reporter : Agus Supriyadi

baca juga

Unesa Berikan Herbal Hand Sanitizer Gratis ke Warga

Aziz Manna Memorandum

Tim PKM Unesa Gelar Pelatihan Membuat Jamu Herbal Instan Tradisional

Aziz Manna Memorandum

PKM Unesa Produksi Herbal JSR untuk Cegah Covid-19

Agus Supriyadi