Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Plengsengan Ambrol hanya Ditopang Anyaman Bambu

Kondisi plengsengan di Jalan Klampis Semolowaru.

Surabaya, memorandum.co.id – Pemkot Surabaya harus kerja keras memperbaiki plengsengan ambrol yang tersebar di beberapa daerah. Penyebab satu, yaitu karena akar pohon yang merusak pondasi plengsengan hingga hampir di setiap sungai kondisi sungguh memprihatinkan.

Salah satunya di Jalan Klampis Semolowaru, depan Ruko Galaxy Bumi Permai. Beberapa plengsengan yang ambrol ditopang anyaman bambu. Cara ini untuk memperlambat abrasi akibat tergerus air sungai jika kondisinya banjir.


Seperti yang dikatakan Ahmad, satpam Araya saat ditemui Memorandum, Minggu (29/11). Menurut Zainal, kondisi plengsengan ambrol itu sekitar setahun lebih. “Sudah lama, tapi belum ada perbaikan. Sekitar setahunan,” ujar Ahmad.

baca juga :  Sempat Rusak, Pemkot Perbaiki Patung Karapan Sapi

Lanjutnya, kerusakan plengsengan karena akar pohon yang kuat. “Rusak karena pohon,” pungkas Ahmad.

Sementara itu, Plt Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Anna Fajriatin membenarkan bahwa rusaknya plengsengan sungai disebabkan akar pohon. “Di beberapa lokasi memang seperti itu (plengsengan rusak, red),” ujar Anna.

Tambahnya, untuk mengurangi kerusakan plengsengan sungai semakin meluas, pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya memotong akar pohon tersebut. “Sehingga kami memotong akar bersama satgas PU,” pungkas Anna. (fer/udi)

baca juga :  Musim Hujan Tiba, Pohon-pohon depan Royal Plaza Dipangkas

baca juga

Usai Sungai Dikeruk, Plengsengan Rungkut Mapan Tengah Ambrol

Syaifuddin

Tumbang,  Pohon Angsana Hancurkan Kanopi dan Warung Kopi

Syaifuddin

Tujuh Tahun Plengsengan Medokan Ayu Ambrol

Syaifuddin