Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Headline Kriminal

Polisi Gagalkan Tawuran Kelompok Remaja All Star Vs Lavendos


Para remaja yang diamankan mendapatkan pembinaan dari petugas di Mapolsek Kenjeran dengan disaksikan orang tua masing-masing.

Surabaya, Memorandum.co.id -Tawuran antar-kelompok remaja yang tergabung geng All Star vs Lavendos terjadi di Taman Suroboyo, Jumat (20/3) pukul 01.00.

Beruntung aksi tersebut berhasil digagalkan petugas gabungan dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Linmas dan Satpol PP Surabaya.

Sebanyak depalan remaja diamankan ke Mapolsek Kenjeran masing-masing MS (15) warga Pacar Keling I; SAF (15) warga Jalan Kedung Serokoh, FF (15) warga Jalan Gubeng Klingsingan III.

Adapun RDA (15) warga Jalan Kedung Baruk; CSP (13) warga Jalan Bratang Binangun IV; DP (16) warga Jalan Medokan semampir Indah, dan Joko Supriono (17) warga Jalan Kapas Baru Tangkis.

Kapolsek Krembangan Kompol Esti Setija Oetami mengungkapkan, pada Jumat (20/3) pukul 01.00, para remaja ini sudah mau tawuran antara kelompok All Star dan Lavendos.

Kedua kelompok ini berkumpul di Taman Suroboyo siap tawuran. Beruntung petugas gabungan dari Unit Pengurai Masyarakat (raimas) Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polsek Kenjeran, linmas dan satpol PP cepat curiga dan mendekati para remaja tersebut.

“Tapi saat didekati, mereka langsung semburat dan yang tertangkap delapan orang lantas diamankan ke Mapolsek Kenjeran,” kata Esti.

Bahkan, saat diperiksa petugas para remaja kocar-kacir dan saat lari ada remaja yang sempat menabrak motor milik anggota Linmas Surabaya hingga penyok.

“Kedua kelompok ini tidak saling mengenal di antara remaja dan berkomunikasi di media sosial saja,” imbuh Esti.

Setelah diamankan, mereka diberi pembinaan dan memanggil orang tuanya serta membuat surat pernyaataan tidak mengulanginya lagi.

Selain itu, memerintahkan orang tuanya sanggup untuk lebih ditingkatkan untuk mengawasi anak-anaknya.

“Setelah itu, para remaja ini kemudian diserahkan ke Liponsos Keputih dengan didampingi para orang tua dengan diantar petugas,” tegas Esti.

Sementara itu, sala satu remaja yang diamankan BF (14), warga Jalan Kedung Tarukan I-B, mengungkapan, saat itu tidak berniat tawuran.

Dia mengaku berboncengan naik motor bersama dengan temannya hendak mengantar HP temannya yang tawuran di Taman Suroboyo.

Sesampai di Jalan Nambangan, melihat ada tawuran sehingga memilih putar balik dan berlindung di permukiman warga.

Apesnya, saat bersembunyi itulah, datang petugas satpol pp setelah diberitahu warga setempat dan mengamankannya lantas membawanya ke Mapolsek Kenjeran. “Saya tidak ikut tawuran, saya hanya ingin mengantarkan HP teman saya yang ikut tawuran,” kata BF.

Di tempat terpisah, tepatnya di kawasan Rel Asemrowo Unit Raimas Polres Pelabuhan Tanjung Perak juga mengamankan belasan remaja.

Kasatsabhara Polres Tanjung Perak AKP Windu Priyoprayitno mengungkapkan, aksi tawuran ini berkat informasi dari masyarakat bahwa ada kelompok pemuda yang sedang berkumpul.

Informasi ini pun langsung direspons anggota dengan mendatangi TKP, ternyata benar puluhan remaja semburat dan hanya tujuh orang yang diamankan.

Ketika didatangi petugas mereka pun kocar kacir kabur. belasan remaja di rel Asemrowo,” kata Windu.

Windu mengungkapkan, mereka mengaku berencana tawuran dan mereka tergabung dalam kelompok geng All Star. “Total ada belasan remaja yang diamankan di Taman Suroboyo dan Asemrowo,” tegas Windu.

Saat itu, juga ditemukan sejumlah petasan dan sajam yang rencananya akan dijadikan sebagai salah satu alat tawuran. Malam itu juga, belasan remaja dibawa ke Mapolsek Asemrowo untuk penanganan lebih lanjut. (rio/gus)

baca juga

Tawuran Geng di Tanjungsari, 31 Remaja Diamankan

Aris Setyoadji

Tawuran Geng di Jalan Widodaren, Satu Tewas

Aris Setyoadji

Satu Remaja Geng Disekap dan Dipukuli, Polisi Tangkap 9 Pelaku, 1 Buron

Aris Setyoadji