Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Polres Bangkalan Berjibaku Bersih-Bersih Sungai

Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK MSi terjun langsung membersihkan sungai.

Bangkalan, memorandum.co.id – Tekad Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK MSi untuk mengaplikasikan tugas Polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, terus digelorakan dari waktu ke waktu. Kiat simpatik itu antara lain diaplikasikan dalam wujud edukasi dan pengabdian terhadap masyarakat.

Seperti Sabtu (2/11) pagi, Kapolres Rama Samtama Putra turun langsung memimpin bakti sosial bersih-bersih aliran muara sungai Bangkalan yang membelah dua perkampungan nelayan. Yani Kampung Lebak di Kelurahan Pangeranan dan Kampung Bandaran, Kelurahan Pejagan.


Wakapolres Kompol Hendy Kurniawan, seluruh kasat, para kapolsek dari 17 polsek jajaran juga ramai-ramai terjun ke aliran sungai di sekitar muara yang kesehariannya acap kali keruh dan terkontaminasi berbagai jenis sampah itu.

baca juga :  Sepekan, Polres Bangkalan Ringkus 20 Tersangka Narkoba

Bagusnya, inisiatif Kapolres itu mendapat respons positif dari komunitas nelayan dari dua perkampungan nelayan padat penduduk itu. Dengan aneka ragam peralatan tradisional seperti cangkul, arit, sapu lidi, gerobak dorong serta seabrek plastik dan karung untuk wadah sampah, menyisir sepanjang aliran muara Sungai Bangkalan

Hasilnya, tak lebih dari lima jam, tepatnya mulai pukul 07.30 hingga 11.00, semak belukar di sepanjang tepian sungai dan jalan lapen (lapisan penetrasi/aspal) di Kampung Lebak dan Bandaran menjadi bersih.

“Bakti sosial bersih bersih di Sungai Bangkalan itu sudah kami janjikan kepada komunitas nelayan setempat. Mereka, ternyata menyambut baik. Bahkan cukup antusias ketika kami ajak untuk bersih kali,” kata Rama Samtama Putra.

baca juga :  67 Personel Polres Bangkalan Naik Pangkat

Janji dan ajakan itu, sambung Rama, disampaikan ketika Polres bersama Karang Taruna Asri Jaya dan Paguyuban Nelayan Lebak dan Bandaran, Sabtu (26/10) dan Minggu (27/10) , berinisiatif menggelar lomba dayung tradisional memperingati HUT ke-488 Bangkalan di sekitar muara Sungai Bangkalan.

“Saat itu saya mengamati kondisi Kali Bangkalan yang membelah Kampung Lebak dan Bandaran cukup kotor. Banyak sampah ikut aliran air sungai,” papar Rama.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Nelayan Janor Koneng dari Jampung Lebak, Hamin (54), menyampaikan terima kasihnya kepada Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, atas inisiatif simpatiknya telah memprakarsai bakti sosial di Sungai Bangkalan.

baca juga :  Kapolres Bangkalan -Dandim 0829 Guyur Pasar Tradisional dengan 10.000 Masker

“Ke depan, saya akan tetap mengajak rekan-rekan nelayan Lebak dan Bandaran untuk rutin bersih-bersih sungai. Paling tidak dua minggu atau sebulan sekali,” tegas Hamim. (ras/fer)

 

baca juga

Wawali Armuji Tinjau Busa di Sungai Tambak Wedi

Aziz Manna Memorandum

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Supriyadi

Warning Bagi Anggota, Polres Bangkalan Gelar Apel Komitmen Bersama Antinarkoba

Ferry Ardi Setiawan