Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Lamongan

Polres dan Pemkab Lamongan Berlakukan Jam Malam dan Alun-Alun Lamongan Ditutup

Kapolres Lamongan AKBP Harun di podium Gedung SKJ Polres Lamongan.

Lamongan, memorandum.co.id – Mencegah penyebaran Covid-19, malam tahun baru di Lamongan akan diberlakukan jam malam. Selain itu, melarang kerumunan dan menutup tempat hiburan dan kafe saat malam pergantian tahun.

Kapolres Lamongan AKBP Harun ketika dikonfirmasi membenarkan jika Lamongan juga akan memberlakukan jam malam saat malam tahun baru.


“Betul. Jam malam kita terapkan, berdasar Surat Edaran (SE) dari Pemprov Jatim,” kata AKBP Harun saat dikonfirmasi, Kamis (31/12/2020).

Sesuai dengan SE dari Pemprov Jatim, terang Harun, jam malam dimulai pukul 20.00 hingga pukul 04.00. Dalam SE ini, jelas Harun, pengawasan dan koordinasi terhadap pelaksanaan malam dilakukan oleh aparat TNI, Polri dan satpol PP serta Satuan Gugus Tugas Covid-19 untuk mengambil tindakan tegas apabila terjadi pelanggaran sesuai kewenangan yang mengacu perda dan atau peraturan bupati atau wali kota masing-masing. “Untuk tempat ngopi dan kafe tutup, kemudian larangan untuk konvoi dan kerumunan,” lanjutnya.

baca juga :  Malam Tahun Baru Jangan Keluar!!, Kapolres Gresik Berlakukan Jam Malam

Selain akan memberlakukan jam malam pada malam tahun baru, Harun menyebut polisi juga akan memberlakukan penyekatan di jalur jalan yang ada di Lamongan. Penyekatan itu dilakukan agar tidak ada iring-iringan atau konvoi kendaraan menuju Lamongan menyusul dilarangnya perayaan tahun baru 2021 karena pandemi Covid-19.

“Nanti malam akan dilaksanakan penyekatan juga,” jelasnya.

Terpisah, Kabag Prokopim Pemkab Lamongan Arif Bachtiar mengungkapkan, untuk malam pergantian tahun kali ini Pemkab Lamongan tidak menggelar acara apapun. Hal ini, menurut Arif, dilakukan sehubungan penyebaran kasus Covid-19 masih relatif tinggi dan sesuai dengan SE Pemprov Jatim.

baca juga :  PPKM Jilid II, Polres Gresik Intensifkan Penegakan Jam Malam

“Kami juga sudah mengirimkan surat edaran untuk melarang kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan,” tambahnya.

Selain tidak menggelar acara, Arif juga menuturkan kalau Alun-Alun Kota Lamongan juga akan ditutup sehingga tidak menjadi titik kumpul masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru. “Alun-Alun ditutup,” pungkas Arif. (tri/har/fer)

Reporter : Biro Pantura

baca juga

PPKM Jilid II, Polres Gresik Intensifkan Penegakan Jam Malam

Syaifuddin

Malam Tahun Baru Jangan Keluar!!, Kapolres Gresik Berlakukan Jam Malam

Ferry Ardi Setiawan

Kapolsek dan Camat Sukodono Pimpin Razia dengan Jalan Kaki

Syaifuddin