Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Polres Jember Rangkul Media Massa Lawan Hoax

Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal bersama anggota FWLM Jember.

Jember, memorandum.co.id – Puluhan awak media massa di Jember cangkrukan bareng Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal di Taman Botani, Sukorambi, Jember. Rabu (20/11). Dalam acara Forum Focus Gruop Discussion (FGD) yang juga mengundang netizen ini, kapolres mengajak mencegah berita bohong (hoax) menjelang pilkada serentak tahun 2020.

Selain itu juga hadir dari akademisi dan praktisi hukum Ahmad Suryono dari Universitas Muhammadiyah (Unmuh), dan Kukuh Pribadi dari Fakultas komunikasi Sosial dan Politik (Fisipol) Unmuh Jember.


Untuk organisasi wartawan yang hadir yakni dari  Forum Wartawan Lintas Media (FWLM), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tapal Kuda Wilayah Jember.

baca juga :  Tidak Terima Dituduh Pencuri Hingga Tewas Dimassa

Dalam kesempatan itu Alfian menjelaskan kegiatan ini akan merangkul awak media cetak, online, dan radio, serta relevisi, maupun netizen mitra Polres Jember mencegah berita hoax. Sehingga masyarakat tidak dibingungkan dengan kabar yang cepat beredar melalui media sosial.

“Utamanya mengajak teman-teman yang berpengalaman dan mampu dalam skill menulis ataupun narasi. Sehingga memudahkan tata bahasa yang akan disampaikan kepada masyarakat dari kepolisian, sehingga mudah dicerna oleh masyarakat,” ujar Alfian.

Menurut Alfian, media massa bisa memberikan informasi dan edukasi pada masyarakat, agar memahami dalam membedakan berita hoax. “Ini berkaitan dengan antisipasi pemberitaan yang kerapkali berlebihan menyudutkan saat ada pelimilihan bupati dan wakil bupati, agar para jurnalis membuat berita yang mengedukasi,”kata Alfian.(edy/tyo)

baca juga

Waspadai Peredaran Upal di Jember

Aris Setyoadji

Warga Puger Bakar Motor Pelaku Pencurian Diesel

Agus Supriyadi

Warga Kaliwates Digegerkan Penemuan Mayat Misterius

Aris Setyoadji