Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Lamongan

Polres Lamongan Bongkar Kasus Penipuan Jual-Beli Rumah di Perum Valencia Residence

Kapolres Lamongan saat merilis kasus penipuan jual-beli rumah di Perum Valencia Residence

Lamongan, memorandum.co.id – Jajaran Polres Lamongan berhasil membongkar praktik penipuan jual-beli rumah di lingkungan Perum Valencia Residence Desa Made. Sedikitnya 16 orang telah menjadi korban penipuan ini.

Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana memimpin langsung rilis ungkap kasus ini di lobby Sat Reskrim, Senin (22/2/2021).


Didampingi Kasat Reskrim AKP David Manurung, Kasubbag Humas Iptu Esty Kwindardi, dan Tim Jaka Tingkir, Kapolres membeberkan, tersangka yang berhasil diamankan yaitu AB (41), wiraswasta warga Kec/Kab. Lamongan.

“Adapun modus operandinya yaitu pelaku AB selaku developer perumahan Valencia Residence berhasil melakukan penjualan rumah kepada konsumen dengan cara cash yang dilakukan secara bertahap di mana faktanya, seluruh sertifikat perumahan tersebut statusnya telah menjadi agunan pinjaman di bank sehingga pembeli sampai saat ini sebanyak 16 orang tidak memiliki status kepemilikan rumah tersebut,” kata Miko.

baca juga :  Kapolres Lamongan Ikuti Vidcon Penanganan Covid-19 Bersama Wakapolri

Pada saat dilakukan penyidikan, tersangka AB sempat melarikan diri dan pada tanggal 9 Oktober 2019 diterbitkan status DPO terhadap pelaku.

Kemudian pada Sabtu (20/2/2021) pelaku berhasil ditangkap di rumah orang tuanya di Kecamatan Congeang, Sumedang oleh tim gabungan penyidik dan Jaka Tingkir Polres Lamongan untuk selanjutnya dibawa ke Polres Lamongan guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Akibat perbuatannya pelaku dikenakan pasal 378 KUHP dan atau pasal 385 ke 5 KUHP dan atau 266 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.(tri/har)

baca juga :  Kapolres Lamongan bersama Forkopimda Ikuti Simulasi Resepsi Pernikahan Harpi di SCL
Reporter : Biro Pantura

baca juga

Wujudkan Zona Hijau Covid-19, Kapolres Lamongan Bagikan Masker

Ferry Ardi Setiawan

Waspadai Bantuan Dana Abal-Abal Mengatasnamakan BPJS Kesehatan

Aziz Manna Memorandum

Warga Lamongan Demo Tolak Pemulangan Mantan Anggota ISIS, Polres Lakukan Pengamanan

Aziz Manna Memorandum