Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Polres Lumajang Siagakan Puluhan Personel Kawal Aksi Demo FKMPL

Personel Polres Lumajang saat mengawal aksi unjuk rasa.

Lumajang, memorandum.co.id – Puluhan warga yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Lingkungan (FKMPL) menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Pemerintahan Kabupaten Lumajang, Kamis (8/4/2021). Mereka menuntut agar pemerintah menutup pertambangan besar pasir yang ada di Lumajang dan mengembalikan kepada pertambangan rakyat.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Lumajang menyiagakan puluhan personel untuk melakukan pengawalan dan pengamanan dengan sistem terbuka dan tertutup agar aksi tersebut berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif.


Petugas juga mengimbau kepada seluruh demonstran untuk menggunakan masker dan tetap menjaga jarak selama aksi serta membagikan masker kepada demonstran yang tidak menggunakan masker.

baca juga :  Polsek Kedungjajang Sediakan Rest Area

Kabagops Polres Lumajang AKP Saiful Alam mengatakan bahwa dalam pelaksanaan pengamanan aksi demonstrasi ini lebih mengutamakan pengamanan yang sifatnya simpatik agar massa tetap tenang dan tidak terjadi kericuhan.

“Selama aksi berlangsung kita tetap berupaya menjalin komunikasi dengan pengunjuk rasa dan Alhamdulillah aksi berlangsung dengan damai tanpa ada keributan,” ungkapnya.

Selanjutnya, petugas juga melakukan negosiasi dengan perwakilan demonstran dan mengawal masuk ke dalam gedung untuk bertemu dengan perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang.

“Setelah perwakilan pengunjuk rasa bertemu dan bernegosiasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang yang mana diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Lumajang, massa langsung membubarkan diri dan kembali ke daerah asal,” pungkasnya. (fai)

baca juga

Warga Kedungjajang Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Agus Supriyadi

Warga Gambiran Digegerkan Granat Aktif di Sungai Kaliasem

Ferry Ardi Setiawan

Wakapolres Pimpin Pemeriksaan Kelayakan Senpi

Agus Supriyadi