Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Polsek Jatiroto Ringkus Maling Spesialis Mesin Diesel Traktor

Tersangka saat diamankan petugas Polsek Jatiroto

Lumajang, Memorandum.co.id – Sepak terjang pencuri spesialis Mesin Diesel Pembajak Sawah, Suheri (25), warga Desa Krasak, Kecamatan Kedungjajang harus berakhir di tangan petugas Polsek Jatiroto.

Kapolsek Jatiroto, AKP Rudi Isyanto mengatakan, pelaku diamankan Minggu (14/2) sekira pukul 23.00 WIB.


Peristiwa tersebut bermula saat anggota Polsek Jatiroto bersama Satgas Keamanan Desa Kaliboto kidul melaksanakan patroli rutin yang menyasar daerah rawan terjadinya kriminalitas.

“Saat melaksanakan patroli, anggota mendapatkan informasi terkait adanya kegiatan yang mencurigakan di area persawahan yang diketahui milik Parman (45) warga Dusun Pondoksari Desa Kaliboto kidul,“ ujar Rudi Isyanto, Senin (15/2/2021).

baca juga :  Terekam CCTV, Residivis Pembobol SDN 4 Sidotopo Ditangkap

Mendengar informasi tersebut, anggota bersama SKD langsung melakukan pengecekan kelokasi yang dimaksud yaitu di area persawahan yang terletak di Dusun Pondoksari, Desa Kaliboto Kidu, Kecamatan Jatiroto.

Dari hasil pengecekan, Petugas melihat beberapa orang dengan gerak-gerik mencurigakan sedang memegangi mesin traktor yang biasa digunakan petani untuk membajak sawah. Tanpa menunggu lama Petugas langsung bergerak cepat untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka yang diduga kuat akan mengambil Mesin Disel traktor milik Parman. Sempat diwarnai aksi kejar-kejaran akhirnya petugas dibantu oleh SKD berhasil mengamankan 1 pelaku dalam aksi tersebut.

baca juga :  Pria Ambengan Batu Tepergok Ngutil Celana Bermerek di Tunjungan Plaza

“Satu orang berhasil kita amankan dan langsung kita bawa ke Mapolsek Jatiroto untuk dilakukan pengembangan,” jelas Rudi.

Dari hasil pemeriksaan sementara, aksi pencurian tersebut diduga melibatkan sedikitnya 4 orang dengan modus satu pelaku melakukan hunting dan survey lokasi untuk mengetahui lokasi di mana para petani meninggalkan mesin traktor di lokasi sawah miliknya. Setelah diketahui jelas lokasi sasaran aksinya, malam hari komplotan pelaku tersebut mendatangi lokasi untuk mengambil Mesin Diesel Traktor dengan cara melepaskan baut dan skrup untuk memisahkan Mesin diesel dari rangka alat pembajaknya.

baca juga :  Orgil Terekam CCTV Curi Pakaian di Butik Exito Tuban

“Barang bukti yang berhasil kita amankan, 1 unit mesin diesel merek Kubota, 1 buah tas yang berisi engkol yang diduga digunakan untuk peralatan bongkar pasang mesin, kami masih mendalami kasus ini serta melakukan pengembangan untuk menangkap tersangka lainnya, mohon waktu,” pungkasnya (ani)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Usai Nikah Tak Punya Parabotan, Nekat Bobol Toko Largo Kenjeran, Kuras Uang di Brankas

Aziz Manna Memorandum

Terekam CCTV, Residivis Pembobol SDN 4 Sidotopo Ditangkap

Aziz Manna Memorandum

Pria Ambengan Batu Tepergok Ngutil Celana Bermerek di Tunjungan Plaza

Aziz Manna Memorandum