Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Polsek Konang Kawal Kamtibmas dan Prokes di Desa Terpencil

Bhabhinkamtibmas dan Banbinsa Polsek dan Koramil Konang ketika sambang ke Desa Campor

Bangkalan, Memorandum.co.id – Kapolsek Konang, AKP Abdul Hamid menggerakkan personilnya untuk rutin sambang desa dengan teknik door to door system (DDS). Teknik ini dinilai lebih efektif dikembangkan di kawasan desa terpencil dengan kondisi medan sulit alias susah dilalui kendaraan roda empat setara Mobil Patroli Tangguh Covid 19 Semeru.


Bhabkinkamtibmas dan anggota Polsek akan lebih leluasa dan dinamis ketika bergerak melakukan pengawalan kamtibmas. Termasuk saat beraktifitas melakukan sosialisasi dan edukasi tentang disiplin penerapan dan penegakan hukum protokol kesehatan (prokes) sebagaimana diamanatkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan Perbub Nomor 63 Tahun 2020.


Menurut Abdul Hamid, ekosistem alam beberapa desa terpencil di Kecamatan Konang rata-rata diwarnai medan yang sulit. Kadang naik-turun bukit melalui sarana jalan setapak, berbatu, serta sesekali dikitari hutan rakyat.

baca juga :  Sekat Jalan Raya, Operasi Yustisi Gabungan Polsek Konang Buru Pelanggar Prokes

“Kondisi alam dan medan sulit seperti itu akan sulit dilalui, jika kita ingin melakukan giat Operasi Yustisi untuk kepentingan sosialisasi dan edukasi tentang prokes covid 19,” tandas Abdul Hamid, Senin (26/10) pagi tadi.

Terlebih dalam kegiatan terpadu seperti itu, sambungnya, Tim Satgas gabungan kadang menggunakan beberapa unit kendaraan roda empat, termasuk Mobil Patroli Tangguh.

Itu sebabnya, untuk kegiatan kawal kamtibmas dan edukasi tentang prokes di kawasan desa terpencil dengan medan sulit, duet anggota Polsek dan TNI-AD dari Koramil Konang lebih intens mekalukan sambang desa dengan staregi DDS. Anggota Polsek dan Koramil akan lebih leluasa untuk bergerak dengan motor trail atau kendaraan roda dua lainnya.

baca juga :  Kawal Kamtibmas dan Prokes, Polsek Konang Rajin Sambangi Toga dan Tomas

Mereka akan lebih leluasa dan dinamis untuk sowan secara door to door ke rumah tokoh agama (toga), tokoh masyarakat (tomas), tokoh pemuda dan tempat berkumpul atau kongkow kalangan remaja dan warga desa terpencil seperti kedai kopi, warung nasi, gardu Siskamling atau pasar desa.

Sambang desa dengan strategi DDS itu, menurut Abdul Hamid, rutin dilakukan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Posek dan Koramil. Seperti Kamis hingga Minggu (25/10) kemarin. Anggota menyusuri pemukiman warga di kawasan terpencil Desa Campor, Sambiyan, Genteng dan Desa Bandung.

baca juga :  Kawal Kamtibmas dan Prokes, Polsek Konang Rajin Sambangi Toga dan Tomas

“Saya bersama rekan dari Koramil secara door to door sowan ke rumah Kiai, tokoh masyarakat, kedai kopi dan pasar desa untuk titip pesan agar warga lebih rajin menjaga stabilitas kamtibmas dengan cara lebih giat melakukan siskamling,” ungkap Bhabinkamtibmas Polsek Konanng, Bripka Budi usai sambang ke Desa Campor, Minggu (25/10).

Juga tak lupa dia mengajari warga tentang disiplin penerapan prokes serperti wajib pakai masker, rajin cuci tangan, serta rutin jaga jarak ideal jika beraktifitas di luar rumah.(ras)

Reporter : Biro Madura

baca juga

Sekat Jalan Raya, Operasi Yustisi Gabungan Polsek Konang Buru Pelanggar Prokes

Aziz Manna Memorandum

Kawal Kamtibmas dan Prokes, Polsek Konang Rajin Sambangi Toga dan Tomas

Aziz Manna Memorandum