Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Probolinggo

Polsek Wonoasih Ajak Warga Giatkan Siskamling

Personel Polsek Wonoasih patroli sambang siskamling.

Probolinggo, memorandum.co.id – Untuk menjaga keamanan lingkungan, aparat kepolisian mengajak seluruh pemerintah kampung di wilayah hukum Polsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota menggiatkan jaga malam atau siskamling.

Hal itu sebagai upaya mencegah adanya gangguan kamtibmas, radikalisme, dan terorisme.


Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhamad Jauhari melalui Kapolsek Wonoasih Kompol H Kuzaini mengatakan, menjaga keamanan lingkungan sangat penting. Selain mengantisipasi tindak kejahatan, juga memberikan rasa tenang dan aman kepada masyarakat, khususnya saat malam hari.

“Kita mengajak seluruh aparatur kampung untuk mengaktifkan siskamling di wilayahnya masing-masing. Ini untuk mengurangi potensi kejahatan,” kata Kompol Kuzaini, Rabu (7/4/2021).

baca juga :  Polisi Jamin Bantuan Sembako Masyarakat Aman

Untuk itu, kata Kuzaini, pihaknya meminta masyarakat ikut andil menjaga keamanan kampung. Sebab menjaga keamanan tidak hanya tugas aparat kepolisian.

“Polisi juga butuh bantuan masyarakat. Karena dengan personel yang terbatas, tidak bisa menjangkau seluruh wilayah dengan cepat. Jadi peran serta masyarakat sangat kita harapkan,” jelasnya.

Menurutnya, jika kegiatan siskamling digiatkan, dapat mencegah pelaku untuk melakukan berbagai tindak kejahatan. Apalagi mayoritas kampung juga sudah memiliki bangunan poskamling yang bisa dimanfaatkan.

“Pesan kamtibmas agar kegiatan pos kamling rutin dilaksanakan, petugas juga himbau kepada warga mengetahui sesuatu hal yang mencurigakan atau kejadian menonjol, petugas ronda agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian,” tandas Kapolsek.

baca juga :  Polsek Wonoasih Patroli Kamtibmas dan Bagikan Masker

Tak hanya itu, kapolsek juga mengajak warga untuk senantiasa menjaga kesehatan diri dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan menerapkan physical distancing guna mencegah penyebaran Covid-19. Serta bersama menangkal radikalisme dan terorisme.

Bahkan, kegiatan patroli sambang merupakan salah satu kegiatan rutin kepolisian dalam upaya menghidupkan kembali kegiatan siskamling.

“Karena keamanan bukan hanya tugas dan tanggung jawab Polri semata, tapi juga semua warga mempunyai tanggung jawab dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing,” pungkasnya. (mhd/fer)

baca juga

Warga Probolinggo Masih Bandel Tak Bermasker

Aziz Manna Memorandum

Warga Kanigaran Tewas Mengambang di Sungai Gladser

Aziz Manna Memorandum

Wakapolres Probolinggo Kota: Pertegas Penerapan Jaga Jarak

Aziz Manna Memorandum