Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

PPKM Turunkan Angka Kecelakaan dan Kematian Laka Lantas di Jember

Kanit Lakalantas Iptu Iptu Kukun Waluwi Hasanudin bersama petugas Jasa Raharja Jember

Jember, Memorandum.co.id – Selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hampir setiap daerah di Jatim mematikan Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk membatasi kegiatan masyarakat.

Meski lampu jalan mati dan jalanan gelap gulita, angka kecelakaan justru turun drastis sebagaimana yang disampaikan Kasatlantas Polres Jember, AKP Jimmy Heriyanto H Manurung melalui Kanitlaka Iptu Kukun Waluwi Hasanudin, Rabu (25/8/2021).


Sebelum kebijakan PPKM tanggal 03 Mei sampai dengan 24 Juli 2021 tercatat jumlah kejadian lakalantas 171, meninggal dunia 42 orang, luka berat 0 dan luka ringan 205 orang. Sementara data rilis Lakalantas saat PPKM yakni jumlah Lakalantas 82, meninggal 38 orang, luka berat 1 dan luka ringan 76 orang.

baca juga :  Relawan Sulap Pujasera Jadi Dapur Umum, Dandim dan Kapolres Jember Beri Dukungan

Menurut Kukun, sejak PPKM Darurat dan Level 4 di Kabupaten Jember penurunan terhadap jumlah Laka mencapai 52,04 persen dari sebelumnya dan angka kematian yang terjadi juga ada penurunan hingga 9,52 persen.

“Sampai hari ini jika kita lihat data untuk kecelakaan menurun secara signifikan,” ujar Kukun.

“Karena adanya pembatasan mobilitas, tentu mengurangi aktivitas dan pelanggaran lalu lintas. Seperti contoh operasi pengendalian mobilitas dan operasi yustisi, itu sangat mengurangi mobilitas masyarakat,” ungkapnya. (edy)

Reporter : Biro Jember

baca juga

Waspadai Peredaran Upal di Jember

Aris Setyoadji

Warga Puger Bakar Motor Pelaku Pencurian Diesel

Agus Supriyadi

Warga Kaliwates Digegerkan Penemuan Mayat Misterius

Aris Setyoadji