Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pasuruan

Punggawa LSM Pusaka Datangi Bawaslu Kota Pasuruan

Direktur LSM Pusaka Lujeng Sudarta didampingi Mbah Sugito melapor ke Kantor Bawaslu Kota Pasuruan.

Pasuruan, memorandum.co.id  Punggawa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pusat Study Advokasi dan Kebijakan (Pusaka) Lujeng Sudarta mendatangi Kantor Bawaslu Kota Pasuruan di Jalan Panglima Sudirman, Kota Pasuruan, Jumat (20/11). Kedatangan mereka ke kantor Bawaslu didampingi beberapa anggota LSM yang berada di Pasuruan Raya.


Direktur LSM Pusaka Lujeng Sudarta mengatakan, kedatangannya untuk memberikan dukungan moral kepada Bawaslu terkait pengawasan di Pilwali Kota Pasuruan yang saat ini sedang berlangsung.


“Agar Bawaslu dalam menjalankan tugas pengawasan lebih berani, khususnya mengenai adanya cukong-cukong yang menyetir pasangan calon,” ucap Lujeng Sudarta kepada awak media.

baca juga :  Jelang Pilkada, Kapolres Malang Ajak Wujudkan Situasi Aman dan Damai

Dalam mendukung Bawaslu, pihaknya akan menerjunkan beberapa tim investigasi ke lapangan untuk menyusuri potensi money politic dalam pilkada di Kota Pasuruan.

”Jika terbukti melanggar, Bawaslu harus bertindak tegas dan mendiskualifikasi pasangan calon. Namun, kalau Bawaslu main-main, kami tegaskan akan melaporkannya ke DKKP,” pungkasnya.

Dalam pilkada tahun ini, lanjut Lujeng, tidak menginnginkan pilkada 2015 silam terulang kembali pada tahun ini. “Kota Pasuruan ini dijuluki dengan Kota Santri. Kalau sampai terjadi money politic pada Pilkada 2020 ini, sama saja mengingkari nilai-nilai santri. Masak Kota Santri dipimpin oleh pemimpin yang melanggar” pungkasnya.

baca juga :  Bawaslu Ajak Masyarakat Sadar Pengawasan Pilkada

Sementara itu, Titin, Komisioner Bawaslu Bidang Hubungan Kelembagaan menyatakan, bahwa laporan yang disampaikan LSM Pusaka akan ditindaklanjuti. ”Setiap laporan yang masuk ke kami pasti ditindaklanjuti. Tentunya ada prosesnya dan alur penanganannya,” tandasnya. (rul/udi)

 

baca juga

Korsleting, Hyundai i10 Diitumpangi Staf Bawaslu Provinsi Jawa Timur Terbakar

Aris Setyoadji

Jelang Pilkada, Kapolres Malang Ajak Wujudkan Situasi Aman dan Damai

Ferry Ardi Setiawan

Jelang Pilkada Lamongan, 3071 Pengawas TPS Jalani Rapid Test

Syaifuddin