Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
pilkada gresik

QA Dorong Bawean Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Gresik, Memorandum.co.id – Pasangan calon (Paslon) dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Gresik 2020 nomor urut 1 Moh. Qosim – Asluchul Alif (QA) mendorong pengembangan Pulau Bawean menjadi destinasi wisata unggulan. Berbagai skema dan program pun dijanjikan untuk mendukung upaya tersebut.


Kepulauan Bawean sendiri merupakan wilayah terjauh dari pusat Kabupaten Gresik. Untuk menuju ke sana, hanya bisa ditempuh dengan transportasi udara dan laut saja. Namun, transportasi udara dan laut pun hingga saat ini belum optimal.


Meskipun jauh dari pusat kota, Bawean memiliki kekayaan alam dan budaya yang melimpah. Banyak kekayaan hasil laut, wisata alam, wisata kuliner dan wisata budaya yang tersedia di sana.

baca juga :  Upaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Wabup Gresik Resmikan Masjid Tangguh

“Kepulauan Bawean memiliki kearifan lokal yang kuat. Hal ini yang harus menjadi nilai lebih dalam pembangunan Bawean,” tutur Qosim dalam debat publik, Jumat (20/11/2020) lalu.

Qosim menegaskan, dalam membangun kepulauan Bawean pihaknya tidak ingin meninggalkan atau menghilangkan kearifan lokal yang ada. Ia berharap kearifan lokal tersebut malah bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

“Kita akan optimalkan bandar udara yang sudah ada di pulau Bawean. Dulu belum bisa beroperasi optimal, ke depan akan kita kembangkan sehingga bisa didarati pesawat dengan kapasitas 60 penumpang,” bebernya.

baca juga :  Qosim-Alif Sarapan Sego Krawu dan Istighosah Bareng Jelang Daftar Di Pilkada Gresik

Masih menurut Wakil Bupati Gresik dua periode tersebut, kekayaan alam dan wisata alam Bawean tak kalah dari Pula Dewata Bali. Dirinya bersama pasangannya Asluchul Alif berkomitmen untuk mengembangkan tersebut, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Bawean.

“Kita juga akan bangun pabrik pengolahan ikan di sana. Untuk menampung hasil laut masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Asluchul Alif mendorong masyarakat Bawean untuk berkreasi dengan olahan pangan ataupun kerajinan tangan khas Bawean. Ia memastikan, jika terpilih nanti akan membukakan pasar seluas-luasnya bagi para UMKM sehingga hasil produksinya bisa dipasarkan.

baca juga :  Rekom Turun, Gerindra Resmi Usung Qosim-Alif

“Semua toko modern nantinya wajib memasarkan produk lokal Gresik. Kita juga sediakan marketplace secara online. Sehingga produk lokal Gresik bisa terjual hingga ke luar negeri,” tegas Ketua DPC Gerindra Gresik itu.(and/har)

Reporter : Biro Pantura

baca juga

Wabup Qosim Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Bawean

Aziz Manna Memorandum

Video : Ikrar Pemenangan Tim Kampanye Qosim – Alif

Agus Supriyadi

Video : Deklarasi Qosim – Alif

Agus Supriyadi