Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Hukum Kriminal

Residivis Narkoba Simpan Sabu di Celana Dalam

JPU Darwis (kiri) membacakan surat dakwaan terdakwa Erwin di ruang sidang Candra Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (23/8/2021).

Surabaya, memorandum.co.id – Dinginnya lantai penjara tak kunjung membuat Erwin merasa jera. Baru saja tiga bulan menghirup udara bebas ia berulah lagi. Pria yang berprofesi tukang service AC tersebut kedapatan menyimpan sabu di celana dalamnya seberat 0,61 gram.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, warga Waru, Sidoarjo itu kini jadi pesakitan kedua kalinya di Pengadilan Negeri Surabaya.


Dalam surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) Darwis dikatakan, bahwa terdakwa ditangkap oleh petugas Polsek Wonokromo pada 14 Juni 2021 pukul 21.00 di Jalan Kebraon. Saat itu, terdakwa diketahui usai mengambil sabu ranjauan yang dipesan dari seseorang tidak dikenal.

baca juga :  Tolak Dicerai, Istri Dihajar

Usai pembacaan dakwaan, JPU meminta saksi penangkap Febian Lasadewa Kuncoro untuk memberikan keterangan di hadapan majelis hakim yamg diketuai Martin Ginting. Febian menjelaskan, bahwa terdakwa merupakan target operasi (TO) sebab pernah ditangkap atas kasus yang sama.

“Karena sebelumnya terdakwa pernah dihukum, sehingga masuk dalam TO Yang Mulia,” ujar Febian kepada ketua majelis hakim yang juga menjabat sebagai Humas PN Surabaya itu, Senin (23/8/2021).

Pada saat itu, lanjut Febian, ia beserta timnya memergoki terdakwa usai mengambil 0,61 gram seharga Rp 200 ribu. Rencananya, sabu itu akan dia pakai sendiri. “ Kami temukan di dalam celana dalam terdakwa. Katanya untuk dipakai sendiri,” lanjut Febian.

baca juga :  Remaja Arjasa Tertangkap Bawa Sabu

Atas keterangan saksi, terdakwa tak membantahnya. Terdakwa berdalih bahwa sabu tersebut ia pesan untuk dipakai sendiri. Sebelumnya, Erwin mengaku sempat memakai sabu yang dibeli dengan harga Rp 700 ribu dan Rp 1 juta. “Yang baru beli Rp 200 ribu belum sempat saya pakai pak,” aku Erwin.

Pria 46 tahun itu seakan tak kapok dengan jeratan hukum. Dia mengaku usai keluar dari penjara di Lapas Pamekasan pada Maret 2021. Kini dia terjerat lagi denga perkara yang sama. “Dulu dihukum tujuh tahun pak hakim. Baru tiga bulan keluar penjara,” tandasnya.

baca juga :  Pengedar 1,35 Ons Sabu Jaringan Lapas Porong Diberangus

Atas perbuatannya, Erwin dijerat dengan pasal 112 ayat (1) UURI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (mg-5/fer)

baca juga

Wujudkan Gresik Resik Narkoba, DPRD Gresik Sowan BNN 

Syaifuddin

Warga Plandaan Edarkan Pil Dobel L dan Sabu 

Ferry Ardi Setiawan

Wanita Surabaya Ini Bantu Suami di Lapas Edarkan Sabu

Agus Supriyadi