Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Satgas Kamtib Rutan Medaeng Bersih-Bersih, Razia Barang Terlarang WBP

Satgas Kamtib Rutan Medaeng mengumpulkan para WBK untuk diberikan sosialisasi terkait aturan di dalam blok.

Sidoarjo, Memorandum.co id – Satuan tugas keamanan dan ketertiban (Satgas Kamtib) Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng melakukan bersih-bersih blok terkait kenyamanan dan kebersihan hunian bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), Selasa (27/10/2020).


Mengingat, kondisi hunian yang over kapasitas hingga 400 persen tersebut membuat blok mereka pengap, kotor dan tidak sehat. Di samping juga berpotensi akan tingkat gangguan keamanan dan ketertiban. Namun, sejak beberapa hari lalu, ratusan napi dipindahkan dan sudah mulai mengurangi kepadatan penghuni di dalam blok.


Dipimpin Plh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Prayogo Mubarak, bersih-bersih dilakukan di Blok B yang dihuni sekitar 353 WBP dari sebelumnya sekitar 500 lebih.

baca juga :  Isi Masa Pandemi Covid-19, WBP Rutan Medaeng Ciptakan Pot Bunga Karakter Kartun

“Kegiatan ini menindaklanjuti kegiatan sebelumnya yakni merazia barang-barang yang seharusnya tidak boleh ada di dalam blok. Kali ini, kita fokus pada kebersihan blok saja supaya para WBP ini bisa nyaman dengan kondisi hunian yang bersih. Supaya bisa hidup sehat,” ujar Prayogo usai kegiatan bersih-bersih Blok B.

Lanjutnya, kegiatan pengendalian situasi Kamtib di dalam blok ini rutin dilakukan dengan cara sosialisasi untuk mengingatkan kembali aturan yang sudah ditetapkan untuk dipatuhi oleh para WBP.

“Semisal barang-barang terlarang yang tidak boleh masuk seperti sajam, HP, dan sebagainya. Sosialisasi ini sendiri kita lakukan dengan penegakan secara manusiawi,” sambungnya.

baca juga :  Advokat Pasok 9,8 Ons Sabu ke Rutan Medaeng

Menurutnya, dengan pendekatan persuasif dengan merangkul para WBP, akan membuat keamanan dan ketertiban di dalam blok bisa terjaga.

“Selain bersih-bersih dari kerapian tempat, kita juga memberikan fasilitas yang mereka dapat. Kita utamakan dulu pelayanan ke blok mereka seperti kesehetan, kebersihan lebih diperhatikan,” pungkasnya. (mik)

Reporter : Sujatmiko

baca juga

WBP Medaeng Terima Bantuan Peralatan Mandi

Aziz Manna Memorandum

WBP Medaeng Ibadah Misa via Streaming

Aris Setyoadji

Vanessa Angel di Ruang Karantina Berkebutuhan Khusus

Aris Setyoadji