Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Beranda » Mataraman » Magetan » Satlinmas Belotan Dilatih Kesiagaan Penanganan Bencana
Magetan

Satlinmas Belotan Dilatih Kesiagaan Penanganan Bencana


Anggota Satlinmas dilatih PBB oleh personel Koramil Bando.

Magetan, memorandum.co.id – Tugas dan fungsi satlinmas (satuan perlindungan masyarakat) menurut Permendagri No 84/2014, salah satunya adalah untuk membantu penanganan bencana dan membantu memelihara keamanan,  ketenteraman, dan ketertibmas masyarakat.

Fungsi itu juga sebagai bentuk perbantuan kepada pemerintah, kepolisian, dan TNI. Dihadapkan tugas dan fungsi satlinmas yang begitu kompleks maka perlu diadakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan yang ada sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab.

“Pentingnya peningkatan kemampuan dan ketrampilan Satlinmas Pemerintah Desa (Pemdes) Belotan menjadi landasan mengadakan pelatihan satlinmas di balai desa,” terang Kepala Desa Belotan Sukadi, Kamis (16/1).

Kegiatan tersebut dihadiri Kasi Trantib Kecamatan Bendo Suparno, Babinsa Belotan Serka Joniar, dan Babinkamtibmas Desa Belotan Bripka Agung, serta menghadirkan seluruh anggota Satlinmas Desa Belotan.

Salah satu materi pelatihan adal peraturan baris berbaris (PBB). Materi ini diberikan babinsa dan bhabinkamtibmas. “Tujuan untuk membentuk fisik dan mental agar sehat dan terlatih serta membentuk disiplin, jiwa korsa, kebersamaan, dan saling menghargai,” Serka Johar.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa dan Babinkamtibmas yang telah memberikan latihan PBB, dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam menjalankan tugas dam fungsi satlinmas dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional,” kata Sukadi usai pelatihan yang rencananya dilakukan rutin setiap minggu tersebut.

Komandan Koramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Sarpan mengatakan, dengan diadakannya pelatihan PBB untuk satlinmas ini diharapkan mereka mengerti akan tugas dan fungsinya. “Sehingga bisa menambah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Babinsa, bahbinkamtibmas, dan satlinmas harus saling bersinergi membantu pemerintah desa  dalam mengatasi permasalahan yang ada di wilayahnya. Termasuk dalam penganggulangan bencana,” jelasnya. (alv/mt/epe)

Editor / Reporter

baca juga

Masyarakat Dibekali Pengetahuan SAR

Aris Memorandum

Penanganan Bencana Hidrometeorologi, Korem 081/DSJ Siagakan 5.000 Personel

Aris Memorandum