Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Gresik

Satpolairud Polres Gresik Bersihkan Sampah Pantai Bareng Nelayan dan Pelajar

Personel Satpolairud Polres Gresik membersihkan sampah. (Andika)

Gresik, memorandum.co.id – Bersama nelayan dan pelajar, jajaran Satpolairud Polres Gresik menggelar kerja bakti bersih sampah di pesisir pantai Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik Kota, Selasa (24/11/2020). Lebih dari 80 orang ikut terjun dalam upaya menciptakan lingkungan pantai yang bersih tersebut.

Kasatpolairud Polres Gresik AKP Masyhur Ade mengatakan, dengan adanya kegiatan ini harapannya para nelayan dan masyarakat sekitar dapat menjaga kebersihan bersama. Serta ikut mengawasi masyarakat yang masih membandel membuang sampah ke sungai dan laut.


Dalam kesempatan tersebut diikuti 17 personel Satpolairud Polres Gresik, 24 nelayan, 30 pelajar SMA dan 12 orang anggota polsek, koramil dan pegawai Kecamatan Gresik Kota. Tanpa ragu, mereka turun langsung mengambil sampah yang berserakan dan membersihkannya.

baca juga :  Satpolairud Polres Gresik Bagikan 150 Paket Sembako

“Mari jaga kebersihan pantai bersama-sama. Jika laut kotor, hasil tangkapan ikan minim. Yang dirugikan nelayan dan masyarakat sendiri,” ujarnya.

Masyhur menerangkan, keberadaan sampah di pesisir pantai dapat mengganggu biota laut. Keseimbangan ekosistemnya menjadi tidak terjaga. Selain merusak lingkungan, dampak juga merusak sumber pangan bagi biota laut.

Selain bersih-bersih sampah, Satpolairud juga membagikan sejumlah sembako kepada nelayan yang terdampak Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mendukung ketahanan pangan selama pandemi. “Kami bersyukur, masyarakat dan nelayan antusias dalam kegiatan bersih sampah ini,” imbuh perwira dengan tiga balok di pundak tersebut.

baca juga :  Satpolairud Polres Gresik Bagikan 150 Paket Sembako

Ke depan, imbuhnya, semoga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan pola hidup yang sehat dalam masyarakat. Sehingga tidak ada lagi sampah bertumpuk di pantai yang mengganggu pemandangan dan keberlangsungan lingkungan.(and/har/udi)

baca juga

Satpolairud Polres Gresik Bagikan 150 Paket Sembako

Ferry Ardi Setiawan